by

Bateng Wakili Babel Raih Penghargaan Nirwasita Tantra KLHK

KOBA – Penghargaan tingkat nasional yang diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) bertambah. Kini, kembali meraih penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2018.

“Penghargaan tingkat nasional bidang lingkungan hidup ini adalah satu-satunya daerah di Babel mendapat penghargaan ini,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron di konfirmasi Rakyat Pos, Rabu (07/11/2018).

Dikatakannya, penghargaan itu berkat komitmen pemerintah daerah dalam menata lingkungan dan menyusun dokumen indeks kualitas lingkungan hidup daerah.

“Kabupaten Bangka Tengah sudah ditetapkan peraih penghargaan itu. Untuk ditingkat Sumatera, hanya tiga daerah yang meraih, yaitu Bangka Tengah, Kabupaten Darmasraya Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang Provinsi Sumatera Barat,” terangnya.

Ia menyampaikan, ada beberapa titik penilaian dari KLHK di antaranya inovasi pemanfaatan lahan bekas tambang bijih timah untuk pariwisata, perikanan dan pemanfaatan lainnya.

“Sedangkan di darat menggalakkan menanam tanaman yang menghasilkan buah dan itu menjadi nilai tersendiri, sehingga membuat daerah ini mendapat penghargaan untuk pertama kalinya,” ucapnya.

Ia menambahkan penghargaan Nirwasita Tantra tersebut akan diterima dan diserahkan bersamaan dengan penghargaan Adipura pada akhir November atau awal Desember.

“Kami sangat mengapresiasi kepada semua pihak dan masyarakat sekaligus diharapkan terus mencintai lingkungan, menggalakkan penanaman pohon,” pungkasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU