Bateng Rancang Program Smart City

No comment 101 views


KOBA – Program mantan Bupati Bangka Tengah yang lama Erzaldi Rosman yang saat ini menjabat Gubernur Babel bakal dilanjutkan oleh Ibnu Saleh selaku Pelaksana Tugas Bupati. Kendati sudah lama tak terdengar kabar, namun Ibnu Saleh optimis program Smart City atau Kota Cerdas diterapkan ke seluruh pelayanan di daerah itu.
“Sejak waktu dideklarasikan Program Smart City hingga sekarang telah berjalan di Bangka Tengah. Untuk teknis pelaksanaannya diprakarsai oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing,” ujarnya saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Kamis pekan kemarin.
Dikatakannya, penerapan pelaksanaan program Smart City telah berjalan lama. Ia menyebutkan program yang berbasis internet diantaranya pembuatan perizinan di KPPTSP yang saat ini menjadi Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja. Kemudian program pelelangan berbasis elektronik di ULP, berikutnya penerapan Aplikasi Sipelanduk atau Sistem Pelayanan Kependudukan yang diprakarsai Dugcapil.
“Menurut saya, program Smart City di Bateng sudah berjalan lama. Kita lihat saja, lelang elektronik, pembuatan perizinan elektronik, aplikasi Sipelanduk dan banyak yang lainnya,” ungkapnya.
Ia mengungkapkan, penerapan Smart City memberikan dampak positif yang banyak bagi masyarakat. Terutama katanya, saat masyarakat berurusan dengan pemerintah dilayani dengan cepat melalui program tersebut. Misalnya, kalau mau membuat identitas kependudukan, tinggal downlod aplikasi Sipelanduk dan ikuti perintah didalam aplikasi itu tentang tata cara pembuatannya dan bisa selesai dalam waktu yang cepat.
“Misalnya, warga nek buat KTP, KK, Akta Kelahiran bisa langsung melalui Aplikasi Sipelanduk, mudah dan cepat. Dan tidak perlu datang ke dinas, khususnya bagi yang jauh di Selan, Tanjung Pura, Pulau Nangka atau Tanjung Berikat. Cukup difoto syarat-syaratnya kemudian kirim ke email Dugcapil, berkas sudah bisa diproses dan dicetak,” tuturnya.
Ia menambahkan, mewujudkan program Smart City secara sempurna butuh waktu dan proses. Karena pelaksanaan Smart City melalui tahapan-tahapan dan mulai dari yang paling mudah.
“Yang penting saat ini kita sudah memulainya, tinggal bagaimana kedepan kita sempurnakan menjadi lebih baik. Jadi, perlu inovasi dan program unggulan yang dimiliki masing-masing OPD yang ada,” pungkasnya. (ran/6).

No Response

Leave a reply "Bateng Rancang Program Smart City"