by

Bateng akan Bangun Rumah Galeri Pojok Gaharu

Ibnu Saleh – Bupati Bangka Tengah

Bisa saja Dibangun di Bandara

KOBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membangun rumah galeri untuk memajang dan memamerkan produk gaharu.

“Galeri itu bisa saja dibangun di bandara karena ini bagian dari upaya meningkatkan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan produk yang akan dipajang di galeri tersebut merupakan produk kreatif dari para pelaku UMKM yang bahan bakunya dari gaharu.

“Usulan masyarakat membangun galeri ini sangat bagus, tentu segera kami tindak lanjuti karena Bangka Tengah sudah ditetapkan sebagai kabupaten kluster gaharu nasional,” ungkapnya.

Ibnu Saleh mengatakan perkebunan gaharu di Bangka Tengah sudah cukup luas namun masih diperlukan peningkatan kualitas produksi, kepastian harga dan pasar.

“Terutama pola inokulasi karena ini penting untuk memperbaiki gubal gaharu. Harga juga masih belum sesuai harapan, namun harga bisa naik kalau kualitas gaharu sangat bagus,” ujarnya.

Sementara Suprapto, seorang petani gaharu di Koba mengatakan produk gaharu memiliki nilai ekonomis jika produksinya banyak dan kualitasnya bagus.

“Kalau pasar tidak menjadi persoalan, kalau kualitas gaharu bagus maka pemasarannya mudah, bahkan pembeli yang datang langsung ke lokasi,” imbuhnya. (ant/ran/3)

Comment

BERITA TERBARU