Batal Buka PORNAS KORPRI, Mendagri Hanya “Numpang Tidur” di Babel

  • Whatsapp
Gubernur saat berjabat tangan dengan Mendagri, di acara di Laterrace Bistro Pangkalpinang, Minggu (10/11/2019) malam. (foto: ist).

Pangkalpinang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, berkunjung ke Bangka Belitung (Babel). Ia tiba di Kota Pangkalpinang Minggu  (10/11/2019) sore, dan pagi Senin harus kembali ke Jakarta.

Sedianya, Mendagri akan membuka Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Negeri (PORNAS KORPRI) ke-15, namun batal, dan hanya “numpang tidur” saja di Provinsi Babel.

Tito batal membuka secara resmi Pornas Korpri tersebut, karena ia mendadak dipanggil Presiden dan harus mendampingi Presiden pukul 09.00 pagi, hingga akhirnya ia kembali ke Jakarta, Senin pagi ini.

Sejak tiba sore hari, Tito tak banyak kegiatan, ia hanya menghadiri kegiatan internal di Novotel, Minggu sore. Kemudian dilanjutkan dengan makan malam di La Terasi Bistro, bersama dengan Gubernur Babel, Ketua DPRD, Bupati/wali kota, dan Kapolda.

Karena dibatasi pengawalan yang ketat, tak jelas terlihat Tito mencicipi hidangan apa saja saat makan malam, tetapi ia mengaku sempat nikmati ikan bakar. Di meja tamu undangan, termasuk meja VIP, juga tersedia durian, martabak dan menu khas lainnya.

“Terima kasih banyak sambutan dari gubernur, ada Kapolda yang TR-nya baru keluar sebagai kakorlantas RI, selamat,” katanya, saat didaulat untuk bernyanyi.

“Sebetulnya saya ingin lama-lama Bangka, karena selalu menarik, kulinernya enak, ada ikan bakar tadi,” tambahnya.

Tito menyebutkan, ia tak bisa berlama-lama di Babel, karena harus mendampingi Presiden, dalam berbagai acara.

“Saya hadir untuk acara besok (pornas Korpri-red), terimakasih banyak gubernur jajaran bupati rekan DPRD yang telah memfasilitasi sehingga pornas Korpri bisa dilaksanakan di Bangka ini. Pak Zudan meminta saya hadir dan membuka, tapi kemudian besok harus berangkat, pukul 13.30 wib, ada rapat di istana, saya rencananya pukul 9 pagi, pulang,” ceritanya.

Presiden, kemudian menugaskan Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, untuk hadir mewakili Presiden dalam membuka Pornas Korpri ke-15 ini.

“Tiba-tiba pukul 9.30, saya akan dampingi presiden dan KPU, terpaksa maju berangkatnya pukul 7 pagi besok (hari ini-red),” ujar Tito.

Mantan Kapolri ini menegaskan, meskipun tak bisa berlama-lama di Babel, namun ia merasa terhibur dengan suasana di Babel, hingga dapat menghilangkan stres, setelah berkutat di ibukota terus menerus.

” Apapun itu, meskipun lama sebentar, saha sudah bisa bermalam ditempat indah ini, ditemani gubernur rekan bupati, DPRD, danrem, ini suatu kehormatan, hilang stres sedikit, dari Jakarta ke Bangka turun sedikit stresnya,” timpalnya.

Pada kesempatan ini, ia juga sempat menyanyikan tiga buah lagi lawas, yang disambut tepuk tangan meriah para undangan. Sebelum Tito, gubernur Babel Erzaldi Rosman, terlebih dahulu menyanyikan dua lagu, diikuti Kapolda, Brigjen Pol Istiono yang juga membawakan dua lagu, dan Sekjen Kemendagri.

Namun sayangnya, usai makan malam, Tito enggan meladeni para awak media yang sudah menunggu sejak awal, Tito memilih untuk langsung menaiki kendaraan dinas yang membawanya ke hotel tempat ia menginap.

Sementara itu, Erzaldi Rosman menyebutkan, tidak ada arahan khusus yang disampaikan Mendagri dalam kunjungan kali ini, karena Mendagri direncanakan memberikan arahan besok pagi.

“Karena ada rapat pagi-pagi harus berangkat, tadinya kita jadwalkan memberi arahan ke Bupati Walikota, Sekda dan Asisten, tapi karena mendadak, ya jam 7 harus kembali,” sebut Erzaldi.

Saat bercengkrama bersama mantan Kapolri ini, tambah Erzaldi, ia hanya menitipkan untuk membuat suasana aman, nyaman bagi masyarakat .

“Nggak ada arahan khusus, beliau hanya bilang, ya NKRI jaga terus, dan dalam suasana penuh kekeluargaan lah,” imbuhnya.

Saat disinggung arahan seperti apa yang akan disampaikan kepada Bupati/Wali Kota, Erzaldi menyebutkan, bisa saja menyangkut misi misi presiden dan wakil presiden.(nov/3)

Related posts