Basel Targetkan Penanaman Padi 11.088 Hektar

Petani Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan penanaman padi seluas 1110 hektar. Penanaman tersebut baru dilakukan di dua kecamatan yakni di Kecamatan Toboali Desa Rias seluas 750 hektar, Desa Serdang seluas 70 hektar, Desa Kepoh 250 hektar serta di Kecamatan Airgegas Desa Pergam seluas 40 hektar. (foto: raw).

1110 Hektar Telah Ditanam

TOBOALI – Hingga pekan pertama Februari 2018, petani Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah melakukan penanaman padi seluas 1110 hektar. Penanaman tersebut baru dilakukan di dua kecamatan yakni di Kecamatan Toboali Desa Rias seluas 750 hektar, Desa Serdang seluas 70 hektar, Desa Kepoh 250 hektar serta di Kecamatan Airgegas Desa Pergam seluas 40 hektar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel menargetkan penanaman padi di tahun 2018 mencapai 11.088 hektar.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan drh Suhadi melalui Kabid Holtikultura dan Tanaman Pangan, Patoni kepada wartawan Minggu (11/2/2018).

“Tahun 2018 Bangka Selatan menargetkan penanaman padi seluas 11.088 hektar, dan hingga saat ini Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan bersama petani telah melakukan penanaman seluas 1110 di dua kecamatan,” ujarnya.

Menurut Patoni, penanaman padi dilakukan dua tahap yakni musim tanam pada Oktober hingga Maret dan April hingga September. Para petani menggunakan bibit atau varietas yaitu inpari 30, mikongga, ciherang serta varietas lokal atau ampai. Varietas ini mampu menghasilkan gabah dengan target sebanyak 3,5 ton perhektarnya.

Penanaman padi dilakukan secara bertahap di seluruh kecamatan di Bangka Selatan. Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan telah menjadwalkan akan melakukan penanaman bersama petani di Tanjung Labu Kecamatan Lepar Pongok pada Senin (12/2/2018).

Di sisi lain, Patoni menyebutkan tahun 2018 pihaknya akan membangun irigasi tipe long storage sepanjang 4 kilometer di Desa Gadung, Desa Ranggung, Desa Batu Betumpang, Desa Serdang, Desa Gudang, Desa Pergam serta Desa Pongok.

Selain itu juga akan dibangun irigasi tersier sepanjang 5 kilometer di Desa Serdang, Desa Gadung, Desa Batu Betumpang, Desa Pergam, Desa Pongok, Desa Gudang dan Desa Rias.
“Besok kita jadwalkan melakukan penanaman padi di Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar Pongok, dan tahun ini akan dilakukan pembangunan irigasi tipe long storage sepanjang 4 km di 7 desa dan irigasi tersier juga di 7 desa. Target kita tentunya dari penanaman menggunakan varietas yant bervareasi tersebut akan berhasil panen mencapai 3,5 ton per hektar guna mewujudkan swasembada beras di Bangka Selatan dan Bangkan Belitung,” pungkas Patoni. (raw/3)

No Response

Leave a reply "Basel Targetkan Penanaman Padi 11.088 Hektar"