Basel Siapkan Perda Informasi Dikecualikan

No comment 72 views

Berikan Layanan Keterbukaan Informasi

TOBOALI – Kepala Dikominfo Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Timbul Panjaitan melalui Sekretaris Dikominfo, Medy Aswary mengungkapkan, pihaknya akan menggodok Peraturan Daerah (Perda) mengenai informasi yang dikecualikan bersifat umum dan khusus untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Tujuan Perda tersebut dalam rangka memberikan pelayanan keterbukaan informasi kepada masyarakat serta guna mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Basel.

“Oleh karena itu perlu adanya perda informasi yang dikecualikan bersifat umum dan khusus untuk SKPD di Kabupaten Basel. Kabupaten yang sudah ada Perda tersebut, adalah Kabupaten Cilacap, Klaten, Pemalang, Purwokerto, Malang, Jogyakarta, Bali dan DKI Jakarta,” ujar Sekretaris Dikominfo Basel, Medy Aswari Selasa (5/12/2017).

Menurut Meddy, informasi yang dikecualikan antara lain adalah informasi yang dapat membahayakan negara, informasi yang berkaitan dengan kepentingan perlindungan usaha dari persaingan usaha tidak sehat, informasi berkaitan dengan hak-hak pribadi, informasi berkaitan dengan rahasia jabatan dan informasi publik yang diminta belum dikuasai atau didokumentasikan.

“Informasi publik yang dikecualikan sifatnya rahasia dan tidak dapat diakses oleh publik sesuai dengan kriteria yang diatur dalam Pasal 17 UU KIP. Informasi Publik dikecualikan secara limitatif berdasarkan pada Pasal 17 UU KIP,” jelasnya.

Sementara informasi yang terbuka, lanjut Meddy, mencakup informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi publik yang wajib diumumkan secara serta merta dan Informasi publik yang wajib tersedia setiap saat.

“Nah, contoh informasi publik yang wajib diumumkan secara serta merta adalah informasi yang dapat mengancam hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum antara lain informasi tentang bencana alam seperti kekeringan, kebakaran hutan karena faktor alam, hama penyakit tanaman, epidemik, wabah, kejadian luar biasa,” pungkasnya, seraya menyebutkan rencana Perda ini akan digodok untuk diajukan pada tahun 2019 mendatang. (raw/3).

No Response

Leave a reply "Basel Siapkan Perda Informasi Dikecualikan"