Basel Pertahankan Status Bebas Rabies

  • Whatsapp

Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel akan menggelarkan kegiatan vaksinasi rabies secara gratis bagi masyarakat Basel yang mau memvaksinasi anti rabies hewan peliharaannya.

Kepala DPPP Basel, Suhadi mengatakan, vaksinasi rabies dalam rangka memperingati World Rabies Day (WRD) pada 28 November mendatang.

“Kita melaksanakan kegiatan ini tujuannya mengupayakan tetap mempertahankan wilayah Bangka Selatan pada khususnya terhindar atau bebas dari penularan penyakit rabies dan juga memberikan kekebalan pada hewan peliharaan di wilayah Bangka Selatan khususnya Toboali,” kata Suhadi kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

Ia menjelaskan, vaksinasi rabies gratis akan dilaksanakan pada Jumat 13 September mendatang Pukul 08.00- 16.00 Wib yang akan dilaksanakan di kantor kelurahan Teladan.

“Bagi masyarakat Basel untuk membawa hewan peliharaan harus sesuai dengan kriteria yakni anjing, kucing, musang dan kera, sehat, usia diatas 3 bulan dan tidak sedang bunting,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, untuk mendaftarkan vaksinasi gratis dengan kuota terbatas sebanyak 200 ekor. “Bagi yang mendaftar hewan divaksinasi bisa menghubungi Yeni 081366949252, Drh. Dian Lesmana 081365078480, Drh. Alek Sumardi 081366093600,” jelasnya.

Terpisah, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan akan mempertahankan wilayah Basel tetap bebas rabies. Suhadi meminta partisipasi masyarakat dalam pencegahan rabies di Basel agar tetap terjaga dan ikut mensukseskan acara vaksinasi gratis hewan.

“Kita berharap dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pencegahan rabies di Basel ini wilayah Basel tetap bebas penyakit rabies,” ujar Suhadi.

Ia juga mengajak masyarakat Basel untuk membawa hewan peliharaan di vaksinasi. “Kita mengajak kepada masyarakat yang memiliki hewan penular rabies bisa membawa hewannya untuk dilakukan vaksinasi,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, untuk program bebas rabies sudah dicanangkan oleh Pemkab Basel dan vaksinasi rabies ini untuk mempertahankan status rabies.

“Kita mempertahankan status bebas rabies dan sampai saat ini belum ada hewan terpapar di Basel,” pungkasnya. (raw/3)

Related posts