Basel Kembali ke Zona Hijau, PDP, ODP dan OTG Nihil

  • Whatsapp

 

Supriyadi

 

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Sejak dinyatakan sembuh 1 PDP Kluster Temboro pada Rabu (1/7/2020), Bangka Selatan kembali ke Zona Hijau. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Basel, Supriyadi menyebutkan saat ini Tim Gugus telah melakukan monitoring baik OTG, ODP dan PDP dan semuanya kembali nihil.

 

Baca Lainnya

Demikian dikatakan Supriyadi kepada wartawan Minggu (5/7/2020). Meski zona hijau, Supriyadi yang juga Kepala Dinas Kesehatan Basel ini menegaskan bukan berarti masyarakat bisa santai. Saat New Normal ini protokol covid-19 wajib dilaksanakan di setiap kegiatan.

 

“Saat ini boleh dikatakan Basel kembali ke zona hijau, OTG, ODP dan PDP juga nihil, tapi kita tetap waspada, dan protokol covid-19 tetap wajib dijalankan,” kata Supriyadi.

 

Terpisah, Kapolres Basel AKBP Ferdinand Suwarji mengatakan Maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis Nomor MAK/2/III/2020 tertanggal 19 Maret 2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 telah dicabut pada 25 Juni 2020 melalui Surat Telegram Rahasia Nomor STR/364/VI/OPS.2./2020 yang ditandatangani Assisten Ops Kapolri Inspektur Jenderal Herry Rudolf Nahak.

Alasan pencabutan tersebut adalah mendukung kebijakan pemerintah mengenai tatanan kehidupan normal baru atau New Normal.

 

Kapolres Basel menegaskan meski Maklumat Kapolri dicabut masyarakat diharapkan tetap patuh pada protokol kesehatan covid-19. “Benar Maklumat Kapolri telah dicabut, masyarakat pada tatanan New Normal ini bisa kembali beraktivitas namun dengan protokol covid-19,” jelas Kapolres.

 

Ia mengatakan Polres Basel bersama TNI serta Pemkab Basel secara rutin turun ke lapangan untuk memantau pelaksanaan New Normal dengan protokol covid-19 ini.

 

“Masyarakat diharapkan tetap produktif tetapi wajib mengikuti protokol covid-19, sehingga perekonomian kita tetap berjalan dan covid-19 tetap dapat kita minimalisir serta bersama-sama kita putuskan mata rantainya khususnya di Bangka Selatan,” pungkas Kapolres.

 

Dilansir, total terkonfirmasi positif covid-19 di Basel berjumlah 9 orang dengan rincian 1 PDP pendeta Toboali meninggal dunia, 8 PDP sudah sembuh terdiri dari kluster 3 KK Singkep PT Timah Tbk, 3 Kluster Temboro, 1 Kluster PT DAK dan 1 PDP, istri mendiang pendeta Toboali. (raw)

 

Related posts