Basel Akan Bangun Taman Tematik

  • Whatsapp

Menggairahkan Gerakan Literasi

Gugus Sahabudin

TOBOALI – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, sedang merintis untuk memabngun taman tematik dan Bangka Selatan Library.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Basel, Eddy Supriadi mengungkapkan, taman tematik nantinya akan dibangun di setiap kecamatan.

Ia mencontohkan, sebuah taman yang memiliki taman bacaan seperti perpustakaan yang rencananya akan dirintis pada tahun 2018 mendatang.

Ia menyebutkan, keberadaan taman tematik bertujuan untuk menggairahkan gerakan literasi daerah yang mampu mewujudkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Basel Mandiri, Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing.

Di sisi lain Bangka Selatan Library adalah sebuah kawasan yang rencananya berada di dekat Simpang Lima Toboali. Nantinya, kawasan tersebut berisikan berbagai fasilitas penunjang pengetahuan, wisata kota, perpustakaan taman bacaan dan arena bermain dengan berbagai fasilitas budaya dan teknologi.

Selain itu, kawasan tersebut juga terdapat ada taman bacaan, mini market serta tempat bermain. Rencananya, kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Basel ini, tahun 2019 mulai direalisasikan.

Menurutnya, guna mewujudkan Taman Tematik dan Basel Library ini dibutuhkan koordinasi dan sinergitas antar OPD seperti Diskominfo, Dinas PU, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pendidikan.

Ia berharap Taman Tematik dan Basel Library ini dapat menggerakan masyarakat guna meningatkan minat membaca budaya literasi masyarakat dan pelajar yang disertai dengan fasilitas perpustakaan konnvensional berbasis teknologi.

Selain itu, juga terdapat arsip budaya Bangka Selatan sekaligus juga tempat rekreasi dan refresing masyarakat.

“Kita harapkan masyarakat dapat terbangun budaya literasinya, belajar membaca dan membangun semangat bermain, belajar sambil rekreasi, dilengkapi dengan internet, Wifi berbasis teknologi informasi, sehingga memudah pelajar dan masyarakat untuk mengakses internet,” pungkasnya kepada wartawan Kamis (6/4/2017). (raw/3).

Related posts