Basarnas Babel Gelar Pelatihan Potensi SAR di Bangka Barat

  • Whatsapp

MENTOK – Basarnas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Pelatihan Potensi SAR (Water Rescue) di Bungalow Pantai Batu Rakit, Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok, Senin (24/6/2019). Pelatihan berlangsung selama tujuh hari, mulai Senin 24 Juni hingga Minggu 30 Juni 2019.

Peserta pelatihan terdiri dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan Babel, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, BPBD Bangka Barat, BPBD Pangkalplnang, Organisasi Kemasyarakatan Belitung Timur dan Organisasi Kemasyarakatan Pangkalpinang. Sedangkan instruktur dan observer instruktur yang dilibatkan berjumlah delapan orang.

Kepala Basarnas Provinsi Bangka Belitung, Danang Priandoko mengatakan pelatihan digelar bertujuan untuk melakukan antisipasi, pembinaan dan peningkatan kompetensi bagi peserta dalam menangani bencana.

”Kita berharap kedepan akan didirikan Pos Siaga SAR di Bangka Barat yang akan menjadi pioner penataan dari Bangka Belitung agar dapat merespon kejadian dengan lebih cepat,” kata Danang.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bangka Barat, Rozali yang hadir mewakili bupati mengatakan, seorang penolong harus memiliki fisik dan stamina yang prima agar dapat melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

”Seorang penolong juga harus memiliki mental baja dan memiliki kompetensi, yaitu, pengetahuan dan keterampilan pencarian dan pertolongan saat melaksanakan pertolongan di air dengan resiko bahaya yang dapat mengancam keselamatan penolong,” kata Rozali.

Pelatihan juga dihadiri Direktur Bina Potensi Basarnas Pusat, Marsekal Pertama F. Indrajaya. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan tim SAR di Bangka Belitung masih minim.

“Saat ini kantor di Pangkalpinang, belum bisa membentuk Kantor Pencarian dan Pertolongan untuk seluruh kabupaten dan kota di Bangka Belitung termasuk di Bangka Barat,” katanya. (wan/10)

Related posts