by

Banyak Stiker Parpol Nempel di Pohon

Sat Pol PP Beltim melepas stiker salah satu Partai Politik yang terpasang liar di tiang litrik, dalam penertiban Senin (9/4/2018).(foto: dny).

Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan Kecamatan Manggar bersama Pol PP Beltim, KPUD Beltim dan Kepolisian menertibkan puluhan stiker dan spanduk berlogo Partai Politik (Parpol) yang tersebar di Kecamatan Manggar.

Kegiatan yang berlangsung Senin (9/4/2018) itu, dipimpin langsung oleh Jajaran Komisioner Panwaslu Beltim, Ikhsan Jaya dan Haris Alamsyah.

Saat penertiban, banyak beredar Stiker berlogo salah satu Partai Politik menempal di sembarang tempat, bahkan di tiang listrik dan pagar rumah warga.

Dibalik itu, Pol PP Beltim juga membersihkan spanduk-spanduk yang menggunakan Logo Parpol. Spanduk tersebut diamankan di Sekretariat Panwaslu Beltim.

Melalui Koordiv Pencegahan, Ketua Panwaslu Beltim, Wahyu Epan Yudistira menjelaskan, penertiban Alat Peraga Parpol hari ini merupakan bentuk pelaksanaan dari intruksi Bawaslu RI dan tindak lanjut dari Surat KPU RI.

“Termasuk hasil kesepakatan dan komitmen bersama para pihak termasuk unsur Partai Politik Peserta Pemilu 2019 di Kab.Beltim yang diinisiasi oleh Panwaslu Beltim dikantor KPU Kab.Beltim beberapa waktu yang lalu,” ujar Wahyu Epan.

Dikatakan Epan, tentu sebelum tindakan penertiban yang dilakukan Panwaslu Beltim dibantu Satpol PP Beltim ini, melakukan pendidikan politik ke masyarakat bukan hanya tugas Penyelenggara Pemilu, namun juga menjadi tugas Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

“Sebagai bentuk kesadaran akan hal tersebut, pengaturan yang menyangkut pemasangan dan penggunaan alat peraga partai politik tentu harus sesuai dengan tahapan, substansi, konten, waktu dan tempat,” tukasnya.

Kemudian kata Epan, di UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu diatur soal seperti Alat Peraga Kampanye, yang itu jelas masukan di Tahapan Kampanye, sedangkan Tahapan Pra Kampanye belum diatur.

“Maka beranjak dari ide dan semangat itu, perlu ada pengaturan kesepemahaman yang sama antara Penyelenggara Pemilu dan Parpol Peserta Pemilu 2019, sehingga kondisi yang tertib, kondusif dan berkepastian hukum tetap terjaga dan terkawal menuju Pemilu 2019 di Kabupaten Belitung Timur,” pungkasnya. (dny/3)

Comment

BERITA TERBARU