Banyak Potensi Babel Belum Tergali

  • Whatsapp

39 Desa Belum Punya BUMDes

PANGKALPINANG– Sebanyak 39 desa dari 309 desa yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Provinsi Babel, Yuliswan, Selasa (16/7/2019). Pemprov Babel mendorong desa tersebut agar segera membentuk BUMDes.

“BUMDes merupakan unit usaha yang dikelola oleh desa untuk meningkatkan pendapatan desa, kita memang masih ada desa yang belum punya BUMDes,” kata Yuliswan.

Dia menyebutkan, 39 desa yang belum membentuk BUMDes tersebut disebabkan banyak faktor, salah satunya dikarenakan belum adanya pemetaan potensi yang digali di desa.

Padahal, menurut Yuliswan, banyak potensi di desa yang bisa dikembangkan dan dikelola oleh BUMDes misalnya di sektor pertanian, perikanan, perdagangan, jasa dan lainnya.

“Kita terus mendorong desa-desa ini untuk membentuk BUMDes, karena BUMDes ini badan usaha yang bisa mengelola apa saja di desa, hasilnya nanti masuk ke kas desa dan imbasnya untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, bagi desa yang sudah memiliki BUMDes, sebutnya, terus dilakukan pembinaan agar dapat berkembang menjadi usaha yang lebih besar.

“Kita dorong mereka menjadi usaha yang berkembang, cukup banyak BUMDes di Babel yang sudah berhasil, setiap tahun kita lakukan penilaian, misalnya yang ada di Kurau, Belitung, Jebus dan lainnya,” bebernya.

Bahkan, untuk membuka wawasan aparat desa dan juga BUMDes, pihaknya pernah mengajak kepala desa dan lainnya untuk studi banding ke Yogyakarta.

“Di Jogja itu banyak hal yang sudah dikembangkan, kita ingin wawasan mereka bertambah sehingga pola-pola yang dilihat bisa dicontoh dan diterapkan di desanya,” tandasnya. (nov)

Related posts