Banyak Pelanggaran Kampanye Pemilu 2019

  • Whatsapp
Ketua KPU Bangka Tengah menjelaskan deti pelanggaran yang terjadi saat Pemilu 2019 lalu, dalam Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 di Kantor KPU Bangka Tengah, Rabu (31/7/2019).(foto: muhammad tamimi).

Robianto: Kami berlaku Adil untuk semuanya

KOBA – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah mencatat banyak pelanggaran kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Pelanggaran tersebut, menyangkut pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Muat Lebih

Demikian yang dikatakan Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto, Rabu (31/07/2019) dalam Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 di Kantor KPU Bangka Tengah.

“Dalam Pemilu 2019 lalu, banyak terjadi pelanggaran pemasangan APK. Dalam catatan kami hanya satu partai politik yang melapor secara resmi ke Bawaslu terkait pemasangan atribut kampanye,” ujarnya.

Diterangkannya, selama proses kampanye, pihaknya sudah menertibkan lebih dari 10 ribu APK di setiap kecamatan dan paling banyak ditemukan pelanggaran yaitu di Kecamatan Koba.

“Pihak kami sebelumnya sudah dijelaskan dan sosialisasikan aturan pemasangan APK sesuai undang-undang. Namun, masih banyak peserta pemilu yang tidak paham, sehingga pemasangan APK yang menyalahi aturan dan harus tertibkan,” ungkapnya.

Selain itu, banyak juga tim sukses menggelar kampanye tanpa izin resmim, maka sering kali Bawaslu membubarkan kegiatan kampanye tanpa izin resmi itu.

“Kami juga banyak membubarkan kegiatan kampanye yang tidak tertib dan tidak sesuai aturan seperti tidak mengantongi STTP. Semua semata KPU hanya ingin menciptakan rasa keadilan kepada peserta kampanye,” tuturnya.

Ia menambahkan KPU dari awal berkomitmen untuk berlaku adil, sehingga menciptakan suasana pemilu yang kondusif.

“Kami berlaku adil untuk semuanya, jika satu dibolehkan maka yang lain juga tidak boleh. Demikian pula sebaliknya satu dilarang yang lain juga dilarang tanpa terkecuali, semua semata untuk menciptakan pemilu yang adil,” tukasnya. (ran/3).

Pos terkait