Bantu UKM, Peka Basel Bentuk Koperasi PBM

No comment 477 views

Anggota Komunitas Peduli Kampung Bangka Selatan foto bersama usai membentuk Koperasi Peka Berkah Mandiri.(foto: raw).

TOBOALI – Permasalahan permodalan, seakan tak ada habisnya dalam menunjang roda koperasi dan UKM. Hal inilah membuat Komunitas PEKA (Peduli Kampung) Bangka Selatan (Basel) membentuk Koperasi Peka Berkah Mandiri (PBM).

Ketua Umum Peka Basel, Rudisia Usman sekaligus Ketua Koperasi Peka Berkah Mandiri mengatakan, Koperasi PBM terbentuk pada bulan November 2017 lalu bukan hanya bergerak dalam bantuan pembiayaan kredit modal bagi anggota koperasi saja. Tapi, membantu juga dalam memasarkan produk daganganya sampai ke Jakarta.

“Jadi, ada toko di daerah Bintaro yang akan menjual produk – produk olahan lokal Bangka Selatan. Peka Basel ini, bukan hanya peduli sosial, tapi mensuport kawan – kawan yang lemah pemasaran dan modal dan bunganya sangat minim sekali. Rencananya kita juga mau ekspor keluar seperti pengusaha yang membuat penggiling lada dari kayu misalnya dari kayu jati agar nantinya kita punya brand sendiri dan akan kita sampaikan ke Bupati,”kata Rudisia Usman kepada wartawan, Minggu (3/12/2017).

Menurutnya, pendirian Koperasi PBM adalah salah satu upaya komunitas Peka Basel yang didalamya tergabung dalam tokoh – tokoh seperti Rizani Usman, Hardi Joy, Rusdan Usman, Supriyadi Jamhir, Suharto, Musani Bujui, Riza Herdavid dan lain – lainya, untuk ikut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi para pelaku UKM yang berada di pelosok daerah di Kabupaten Basel.

Sementara Hardi Joy, Penasehat Koperasi Peka Berkah Mandiri menambahkan terbentuknya koperasi berdasarkan kendala permasalahan modal dan pemasaran produk – produk di lapangan sehingga Peka Basel ingin membantu masyarakat dalam bidang ekonomi. Termasuk membantu Pemerintah Kabupaten dalam mendorong produk-produk unggulan di Bangka Selatan agar bisa menembus pasar global.

“Dan nantinya yang memasarkan produk tersebut dari mahasiswa Isba serta masyarakat basel yg adad di jabodetabek,bogor dan bandung. Serta alhamdulliah,saat ini anggota Peka Basel berjumlah 70 lebih yang tersebar dibeberapa kota,”jelas pria pemilik Restauran Lesehaan Green ini.

Pengusaha muda ini menambahkan koperasi yang dibentuk Peka Basel ini merupakan badan usaha yang berbeda dengan perusahaan atau badan usaha yang lain. Prinsipnya adalah kerjasama, gotong – royong bersama anggota, kebersamaan dan kekeluargaan.

“Koperasi tidak hanya mengandalkan bisnis tetapi juga aspek sosial kemanusiaan. Koperasi merupakan organisasi swadaya akan tetapi tidak seperti halnya organisasi swadaya lainnya, koperasi memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, peran Koperasi Peka Berkah Mandiri ini yang berhubungan langsung dengan masyarakat merupakan salah satu cara dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(raw/3).

No Response

Leave a reply "Bantu UKM, Peka Basel Bentuk Koperasi PBM"