Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Bangun Gedung Perpusdes, Kades Beruas Minta Dukungan DKPUS Babel

RAKYATPOS.COM, KELAPA – Salah satu upaya mendorong minat baca bagi masyarakat di Desa Beruas, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pemerintah Desa Berus saat ini telah merencanakan untuk membangun Gedung Perpustakaan Desa (Perpusdes).

Pembangunan gedung Perpusdes itu, rencananya dibangun disekitaran Kantor Desa Beruas. Hal itu, disampaikan Kepala Desa Beruas, Pariandi kepada Tim Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi  Babel saat melakukan Kegiatan Perpustakaan Keliling ke Desa Beruas belum lama ini.

“Memang, kalau dari minat baca masyarakat kami masih rendah. Oleh karena itu, kami dari Pemerintah Desa perlu mengambil langkah-langkah bagaimana agar warga kami gemar membaca buku. Salah satu langkah itu adalah dengan menyediakan sarana dan prasana membaca melalui Perpusdes,” ujarnya.

Saat ini, kata Pariandi, pihaknya masih mempersiapkan rencana tersebut, termasuk meminta dukungan langsung rencana pembangunan gedung Perpusdes tersebut. “Kami dalam waktu dekat akan berkunjung ke DKPUS Provinsi Babel,” ungkap Kepala Desa Beruas.

Untuk sementara ini, kata Kepala Desa Berus, didampingi Sekretaris Desa Beruas, sudah memiliki sekitar 20 judul buku.

Dengan jumlah 488 Kepala Keluarga terdiri dari 889 laki-laki dan 798 perempuan, saat ini, pihaknya membutuhkan bantuan buku. “Mayoritas mata pencarian masyarakat kami adalah Petani. Jadi, buku-buku yang kami butuhkan tentunya berkaitan dengan pertanian,” kata Kepala Desa.

Pustakawan Ahli Madya DKPUS Babel Danuar kepada Kepala Desa Beruas menyambut gembira rencana pembangunan Gedung Perpusdes Beruas. Menurut dia, sudah seharusnya Desa Berus memiliki Perpusdes, mengingat lokasi desa yang cukup jauh dari pusat informasi atau Perpustakaan umum.

Sementara itu, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin menyampaikan dukungannya atas rencana Kepala Desa Beruas dan perangkatnya untuk membangun gedung Perpusdes.

Asyraf mengatakan, DKPUS Babel selalu siap memberikan dukungan kepada Perpusdes, terutama dalam pembinaan pengelolaan perpusdes. Untuk hal itu, ditegaskan Asyraf, tentunya akan berkoordinasi dengan DKPUS daerah setempat.(rel).

Diatas Footer
Light Dark