Bangka Tengah Siapkan Gaharu Kualitas Terbaik

  • Whatsapp
Foto ilustrasi

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan menyiapkan Gaharu berkualitas ekspor. Hal itu dalam upaya untuk menembus pasar luar negeri salah satunya Negara Arab Saudi.

“Kami (Pemkab Bangka Tengah-red) akan menyiapkan gaharu kualitas terbaik yang bisa dipasarkan ke luar negeri seperti Negara Arab Saudi yang saat ini menjalani kerja sama dengan pemerintah daerah dan pasarnya terbuka lebar,” ujar Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Jumat (24/01/2020).

Muat Lebih

Ia mengungkapkan, Pemkab Bangka Tengah sudah berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Arab Saudi tersebut dalam program mengembangkan sayap pasar gaharu asal daerah ini.

“Kami akan siapkan semua perizinan sekaligus menyiapkan sekitar 617 pohon gaharu siap panen dengan kualitas bagus,” terangnya.

Pihaknya akan menyiapkan tenaga khusus membersihkan dan pengolah kayu gaharu untuk menaikkan kualitas tanaman ekspor itu.

“Gaharu sudah dibudidayakan sejak lama di Bangka Tengah, sekarang tinggal menjaga kualitas dan mengembangkan pasarnya,” tuturnya.

Orang nomor satu tersebut mengharapkan tanaman Gaharu dengan harga yang lumayan mahal dapat meningkatkan perekonomian petani gaharu.

“Saat ini, kita terus kembangkan adalah produk turunan Gaharu yang bisa bersaing di pasar dalam dan luar negeri,” tukasnya. (ran/3)

Pos terkait