by

Bangka Tengah Siap Jadi Pusat Logistik Siaga Bencana

Tidak Mau Kecolongan dari Bencana Lombok & Palu

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) siap menjadi tempat pusat logistik siaga bencana di Provinsi Bangka Belitung. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Yuliyanto Satin saat menghadiri kegiatan Apel Siaga Bencana di Desa Penyak, Selasa pekan kemarin.

“Bangka Tengah siap menjadi tempat pusat logistik siaga bencana, hal itu ditetapkan saat kegiatan gelar apel siaga bencana,” tegasnya saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Rabu (10/10/2018).

Dikatakannya, program siaga bencana secara nasional memang merupakan program bersama-sama. Makanya, kita mulai mempetakan titik-titik di Bangka Tengah yang rawan bencana.

“Jika ada perintah dari pusat dan provinsi, maka kita dari Pemerintah Bangka Tengah selalu siap, misalnya menyiapkan logistik bencana banjir,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya tidak mau kecolongan dari pelajaran bencana di Lombok dan Palu. Maka sejak dini mulai mempetakan titik-titik bencana di Bangka Tengah.

“Terkait BPB, memang seharusnya sendiri, seperti Provinsi Babel sudah sendiri, sehingga lebih mudah berkoordinasi dengan BPB kabupaten dan kota lainnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, Penanganan Bencana Terpadu, langsung diketuai oleh Provinsi Babel. Kemudian distribusinya baru dikoordinasikan bersama pimpinan ditingkat kabupaten dan kota.

“Di Bangka Tengah bukan daerah rawan gempa dan tsunami, namun harus diwaspadai adalah puting beliung, banjir, gelombang tinggi dan abrasi pantai yang berisiko terhadap warga pesisir. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU