Bangka Tengah Peringati Hari Ibu ke-89, Ini Harapan Bupati

  • Whatsapp

 

Bupati Ibnu Saleh menyerahkan penghargaan kepada pegawai berprestasi dalam peringatan hari Ibu di Bateng, Senin. (foto: Muhammad Tamimi)

KOBA – Pemkab Bangka Tengah (Bateng) melaksanakan upacara peringatan Hari Ibu ke-89 dan Hari Bela Negara ke-69 di halaman kantor bupati Bateng, Senin (18/12/2017). Dalam upacara itu, Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh bertindak sebagai inspektur upacara

Ibnu Saleh dalam sambutannya mengatakan momentum hari ibu bisa dijadikan refleksi.Perjalanan panjang selama 89 tahun telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan mewujudkan kesetaraan gender.

Dikatakannya, atas dasar inilah peringatan Hari Ibu ke-89 mengangkat tema “Perempuan Berdaya,Indonesia jaya” dengan cara meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri dan bebas dari kekerasan, peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang.

“Hal ini didasari oleh situasi dan kondisi yang saat ini sedang dihadapi bangsa kita yang termasuk darurat kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kami yakin dengan bekerja sama, gotong royong, saling membantu bahu membahu kita dapat melakukan sesuatu dan mencapai hasil yang lebih baik,” terangnya.

Diungkapkannya, di Bateng juga menyampaikan bahwa perlibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga juga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya terhadap perempuan.

“Sebagai contoh, maraknya masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat, seperti kekerasan termasuk tindak pidana perdagangan orang, pornografi, infeksi menular seksual dan HIV/AIDS, narkoba dan lainnya yang disebabkan runtuhnya pondasi ketahanan dalam keluarga,oleh karena itu peran keluarga dituntut lebih diperkuat,” tuturnya.

“Kita juga mengajak semua perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga,masyarakat dan bangsa,” tambahnya. (ran)

Related posts