Bangka Mekarkan Kecamatan Baru

  • Whatsapp
Bupati Bangka menyerahkan Raperda pembentukan kecamatan baru Karang Lintang, Simpang Tiga dan Maras Makmur pada rapat paripurna di DPRD Kabupaten Bangka, Senin (10/6/2019). Pemkab Bangka akan memekarkan Kecamatan Belinyu dan Riau Silip untuk mendukung pembentukan Kabupaten Bangka Utara. (Foto: Zuesty Novianti)

Dukung Pembentukan Bangka Utara

SUNGAILIAT – Demi mendukung pembentukan Kabupaten Bangka Utara, Pemerintah Kabupaten Bangka akan memekarkan Kecamatan Belinyu dan Kecamatan Riau Silip. Kedua kecamatan tersebut akan dimekarkan dengan membentuk kecamatan baru yakni Kecamatan Karang Lintang, Simpang Tiga dan Maras Makmur.

Hal itu dituangkan dalam penyampaian raperda ole Bupati Bangka, Mulkan pada rapat paripurna di DPRD Bangka, Senin (10/6/2019). Menurutnya sebelum membuka kabupaten baru harus dimulai dari bawah yakni membentuk kecamatan baru terlebih dulu.

“Ini salah satu langkah kita dalam mendukung pembentukan kabupaten bangka utara. Pembentukan kabupaten baru harus dimulai dari bawah, tidak mungkin kabupaten dulu baru kecamatannya, memang harus dari bawah dulu,” ungkap Mulkan.

Pihaknya menyatakan mendukung pembentukan Kabupaten Bangka Utara dan terus melakukan pembenahan agar terbentukannya kabupaten tersebut.

“Proses pemekaran kecamatan ini sebelumnya sudah dinilai baik jumlah penduduk dan wilayahnya cukup, selanjutnya kita serahkan ke DPRD untuk payung hukumnya,” terang Mulkan.

Bupati berkeinginan gagasan dalam pemekaran wilayah di Kabupaten Bangka tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata.

“Gagasan penyampaian pemekaran merupakan tujuan Pemkab Bangka untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarajat agar lebih tumbuh dan berkembang,” harapnya.

Namun ia juga mengatakan untuk pembentukan kabupaten baru merupakan keputusan pemerintah pusat.

“Kami tidak ada alasan untuk tidak mendukung tapi tergantung pemerintah pusat juga sebagai eksekutornya,” tutup Mulkan. (2nd/6)

Related posts