Bangka Belitung Launching Kelekak Nusantara

  • Whatsapp

Peringatan Bulan PRB Tahun 2019

PANGKALPINANG – Provinsi Bangka Belitung (Babel) melaunching Kelekak Nusantara, pada peringatan bulan pengurangan risiko bencana (PRB) tahun 2019. Kegiatan ini, diharapkan menjadi semangat baru bagi masyarakat untuk bertanam pohon demi menjaga lingkungan.

“Mengajak masyarakat di Babel untuk ayo bertanam, menjadi kebangsaan masyarakat Babel dimana bibit yang di tanam di Kelekak Nusantara ini dibawa dari masing-masing provinsi dan menjadi kebangaan kita,” kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Minggu (13/10/2019).

Kelekak Nusantara ini, berada di kawasan Bukit Mangkol, Bangka Tengah (Bateng), yang diharapkan dapat merehabilitasi kerusakan lingkungan di bukit tersebut.

Kalakhar BPBD Babel Mikron Antariksa mengatakan Kelekak Nusantara merupakan upaya dari pemerintah daerah bersama dengan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan mengurangi bencana dengan gerakan menanam pohon.

“Menanam pohon merupakan bagian dari upaya pencegahan terjadinya bencana, kita ingin mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan,” ulasnya.

Kepala BNPB Doni Monardo, mengapresiasi gerakan menanam pohon ini. Dia berharap bukan berapa banyak pohon yang ditanam, tetapi berapa banyak yang tumbuh dan dipelihara oleh masyarakat.

“Kemauan menanam tinggi tapi memelihara kurang, bukan berapa banyak yang ditanam tapi yang tumbuh, BNPB menyusun standarisasi termasuk vegetasi, sehingga tingkat kehidupan tanaman lebih tinggi,” ulasnya.

Ia meminta, masyarakat di Babel bersinergi dengan pemerintah daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota, untuk menanam tanaman yang cocok ditanam di Babel, dimana tanaman ini diharapkan dapat menjaga lingkungan di Babel, apalagi paska pertambangan timah.

Dalam kegiatan penanaman pohon di Kelekak Nusantara ini, juga dihadiri oleh Wali Kota Pangkalpinang, Bupati Bangka, Plt Sekda Babel, dan sejumlah pejabat lainnya, serta BPBD se-Indonesia dan komunitas bikers. (nov/10)

Related posts