Badan Karantina Pertanian Musnahkan Kotoran Ayam

Dari Pelabuhan Boom Baru Palembang
Ditakutkan Bawa Virus & Kuman

MUNTOK – Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Pangkalpinang, Wilayah Kerja Pelabuhan Muntok hari ini (4/10/2017) siang, melakukan pemusnahan Media Penyakit Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) berupa kotoran ayam.

Pemusnahan ini dilakukan karena pada Selasa (12/9/2017) lalu, petugas karantina Drh.Wawan Nazaruddin dan Arifin telah melakukan pengawasan lalu lintas Media Pembawa berupa kotoran ayam sebanyak 15 ribu kilogram (600 kemasan) dari pelabuhan Boom Baru Palembang dan bongkar di Pelabuhan Muntok, menggunakan alat angkut Truk BN 4050 DS dengan supir bernama Vovo Afrizan dan Truk BN 8357 RP dengan supir Bayumi via kapal tongkang bahari Mulia Abadi.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas karantina pelabuhan laut Muntok, ternyata MP HPHK(Media Penyakit Hama Penyakit Hewan Karantina) tersebut tanpa dilengkapi dokumen karantina dan tidak dilaporkan maupun diserahkan kepada petugas karantina.

Pemusnahan ini, disaksikan langsung oleh Kepala Balai Karantina Kelas II Pangkalpinang Wilker Pelabuhan Laut Muntok, Drh.Saifuddin Zuhri, Kasat reskrim polres Bangka Barat, AKP Elpiadi dan pihak terkait lainya.

“Pemusnahan Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina yaitu berupa kotoran ayam yang mana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 media ini harus dilakukan pemusnahan karena memang mengacu kepada surat kepala badan dari daerah tertular dan tidak tertular tidak boleh dilalulintaskan kotoran ayam dan tidak memiliki dokumen karantina yang jelas,” kata Syaifudin.

Menurutnya, pemusnahan ini memang sudah seharusnya dilakukan, karena ditakutkan media kotoran tersebut membawa virus dan kuman-kuman.

“Sebenarnya ini sudah jelas-jelas media yang dilarang pemasukannya, otomatis yang namanya kotoran ini kan apalagi daerah Palembang juga kan sudah tertular HI begitu juga dengan ini,” pungkasnya.(wan/3).

No Response

Leave a reply "Badan Karantina Pertanian Musnahkan Kotoran Ayam"