Babinsa Serma Bertekad Genjot LTT di Beltim

  • Whatsapp
Bintara Pembina Desa Air Kelik Koramil 05/Kelapa Kampit Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Serma Herman Efendi memeriksa kondisi Padi milik Petani. (foto: rell).

MANGGAR – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Air Kelik Koramil 05/Kelapa Kampit Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Serma Herman Efendi menyatakan tekatnya untuk menggenjot luas tambah tanam (LTT) pada tahun 2017 ini, dengan melaksanakan pemdampingan terhadap kelompok tani Karya Sapakat Desa Air Kelik Beltim.

Ia menyebutkan, perkembangan padi di Desa Air Kelik ini, cocok dengan varietas Rojo Lele, dan sekarang sudah berumur 110 persiapan panen raya.

Pantauan Babinsa Serma, perkembangannya saat ini, 80% kondisi padi bagus dan 2 % nya lagi terkena penyakit jamur, sehingga padi sebagian tidak berisi (hampa).

Lebih lanjut Serma Herman mengungkapkan, untuk pengaturan drainase sekarang cukup baik, dan menurut informasi dari penyuluh pertanian varietas Raja Lele memang rentan terhadap penyakit jamur (blas leher ).

“Kedepan, para petani akan selalu minta pendampingan dengan Babinsa maupun PPL setempat, supaya hasil panen meningkat dengan mempertimbangkan jenis bibit yang cocok dan sesuai dengan sawah di Desa Kelik ini,” ungkapnya. (rell/rh/3).

Related posts