Babinsa Ajak Mahasiswa Tanam Padi

  • Whatsapp
Bintara Pembina Desa Koramil 413-10/ Merawang Sertu Sol Efendi bersama warga sedang menanam padi di Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.(foto: rell).

MERAWANG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 413-10/ Merawang Sertu Sol Efendi mengajak mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) menanam padi di Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Kamis (2/2/2017).

Kegiatan tanam padi kali ini, dilaksanakan di persawahan milik warga setempat H. Pasli diperkirakan seluas kurang lebih 1 hektar dan jenis padi yang di tanam adalah Impari 33 yang merupakan jenis padi yang memiliki keunggulan tahan terhadap hama.

Sistem penanaman padi milik H. Pasli dengan menggunakan Sistem Jajar Legowo yang diyakini dapat meningkatkan hasil produksi padi.

Sekedar diketahui, Legowo diambil dari bahasa Jawa yang berasal dari kata “Lego” yang berarti Luas dan “Dowo” yang berarti panjang.

Tujuan utama dari Tanam Padi dengan Sistem Jajar Legowo untuk meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir (tanaman pinggir) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.

“Berdasarkan pengalaman, tanaman padi yang berada di pinggir akan menghasilkan produksi padi lebih tinggi dan kualitas dari gabah yang lebih baik. Ini dikarenakan tanaman padi di pinggir akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Itulah sebabnya Sistem Jajar Legowo menjadi salah satu pilihan dalam proses meningkatkan produksi gabah,” Komandan Koramil (Danramil) 413-10/Merawang Kapten Infanteri Yunaidi.

Danramil menyatakan, sebagai Babinsa memang memiliki tugas untuk membina masyarakat desa yang menjadi wilayah binaannya.

“Sebagai Babinsa memiliki tugas yang berat karena mereka harus dapat menjadi sumber inspirasi dari seluruh masyarakat. Sebagai prajurit harus dapat memberi contoh dan mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, itu merupakan pengamalan 8 Wajib TNI yang ke 8,” tegasnya dalam rilis yang diterima Rakyat Pos, Kamis (2/2/2017) malam.

Apalagi sekarang, menurutnya, sedang ada mahasiswa yang lagi KKN bisa sekalian mempraktekan ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah. Selain itu juga sebagai sarana untuk menimba ilmu bagi mahasiswa yang sedang KKN.

H. Pasli dalam kesempatan itu mengaku sangat dekat dengan Babinsa lantaran anggota Koramil selalu mendampingi petani di sawah dan selalu memberi semangat kepada para petani. “Sertu Sol Efendi sangat dekat dengan warga,” ungkapnya.(bis/3).

Related posts