Babel Tuan Rumah Jumnas PMR 2021, Diikuti 9 Negara Sahabat

  • Whatsapp
Wagub Babel yang juga Ketua PMI Babel, Abdul Fatah didampingi Sekretaris PMI Babel, Mardani, foto bersama Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI Pusat, Sasongko.(foto: istimewa).

RAKYAT POS.COM, PANGKALPINANG – Satu lagi mandat diberikan Pusat kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jika tak ada aral melintang, pada tahun 2021 mendatang, Bangka Belitung menjadi tuan rumah Jumpa Bakti Gembira Tingkat Nasional (Jumnas) Palang Merah Remaja (PMR) Ke-IX.

Berdasarkan rencana, pelaksanaan Jumnas PMR bulan Juli 2021. Demikian keterangan yang disampaikan Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI Pusat, Sasongko Tedjo, saat bertemu Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah di ruang kerjanya Kantor Gubernur, Selasa (11/2/2020).

Read More

“Kami sudah melakukan survei lapangan ke sejumlah tempat yang bakal menjadi lokasi digelarnya event nasional ini, diantaranya Bumi Perkemahan di Balunijuk, Kabupaten Bangka, Kawasan Pagoda Sungailiat, Kabupaten Bangka, BBG Kota Pangkalpinang, dan Pantai Terentang, Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Sasongko.

Dari sejumlah tempat tersebut, Sasongko mengaku lebih tertarik BBG yang berlokasi dekat dengan Pantai Pasir Padi Pangkalpinang menjadi lokasi pelaksanaan Jumnas PMR, karena jangkauan akses dan infrastruktur yang memadai dibandingkan yang lain. Apalagi lokasinya berada di Ibu Kota Provinsi.

Kepada Wakil Gebernur Abdul Fatah, Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI Pusat Kepengurusan Periode 2019-2024 itu menyebutkan, dalam perhelatan tingkat nasional di Bangka Belitung nanti, akan hadir sekitar 3000 orang di Bangka Belitung, dan diikuti perwakilan dari 9 negara sahabat, seperti Kamboja, Singapura, Thailand, Jepang, Australia, Amerika dan sejumlah negara Timur Tengah.

“Ini survei perdana yang kami lakukan. Untuk itu, kami berharap adanya support dan komitmen dari Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk didalamnya jajaran Pengurus PMI Provinsi dan Kabupaten di Bangka Belitung,” kata Sasongko.

Jumnas PMR yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 7 hari ini, ditambahkan Sasongko, rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, dan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Selama Jumnas, banyak agenda yang ada dilaksanakan oleh peserta, baik internal maupun ekternal. Kami berharap nantinya, salah satu kegiatan didalam Jumnas, yakni kegiatan gembira, bisa menampilkan permainan tradisional khas Bangka Belitung,” harap Sasongko.

Sasongko juga berharap, Bangka Belitung yang ditunjuk menjadi tuan rumah oleh PMI se Indonesia dari hasil Jumnas ke-VIII di Pangkep, Sulawesi Selatan tahun 2016 lalu, agar dapat memanfaatkan momentum ini untuk promosi Bangka Belitung.

Wagub Babel Abdul Fatah saat menerima kunjungan Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI Pusat, Sasongko.(foto: istimewa).

Sementara itu, Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah didampingi Sekretaris PMI Provinsi Bangka Belitung, Mardani, Ketua Bidang Relawan dan Anggota PMI Bangka Belitung, Faiz Marzuki, Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi PMI Bangka Belitung, Ahmad S, menyambut baik, dan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan PMI Pusat dan PMI se Indonesia kepada Bangka Belitung sebagai tuan rumah Jumnas PMR ke-IX.

“Kami Pemerintah Provinsi siap memberikan dukungan serta support agar perhelatan Jumnas PMR yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2021 mendatang dapat berjalan lancar dan sukses,” ungkap Wakil Gubernur.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kata Wakil Gubernur Abdul Fatah, akan mempersiapkan dukungan terhadap event nasional tersebut, seperti stand-stand kuliner khas Bangka Belitung. “Kita ingin momen ini, dapat memberikan kesan dan pesan mendalam bagi peserta Jamnas. Apalagi kita tahu, ada delegasi 9 negara sahabat yang ikut andil dalam kegiatan nasional tersebut,” ujar Abdul Fatah. (rell/3).

Related posts