Babel Segera Miliki Alat Pemeriksa Sampel Swab Pasien Corona

  • Whatsapp
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman meninjau Posko Gugus Tugas Covid-19 Babel, Selasa (7/4/2020).(ist)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Pemeriksaan sampel swab terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mulai Jumat atau Sabtu mendatang dapat dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Babel.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menegaskan pihaknya telah mengadakan pengadaan alat yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap sampel swab spesimen dari tenggorokan, mulut atau hidung pasien.

Read More

Untuk pengadaan alat ini, kata dia, Pemprov Babel bekerjasama dengan rumah sakit di Surabaya dan alat tersebut nantinya akan ditempatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Babel.

“Karena lab kita sudah ada, jadi ini juga akan didukung oleh lab kita. Mudah-mudan Kamis ini lengkap perlengkapan lab-nya, dan Jum’at atau Sabtu bisa kita mulai (pemeriksaan laboratorium-red,” kata Erzaldi, Selasa (7/4/2020).

Dengan adanya alat ini, ia berharap bisa lebih cepat mengetahui hasil laboratorium terhadap pasien dan akan lebih cepat dilakukan tracing (penelusuran) dan tracking (pelacakan) terhadap orang-orang terkait. Dengan demikian, sambung Erzaldi, pemeriksaan massal kepada masyarakat yang mengalami gelaja demam, batuk, pilek dan sesak nafas dapat segera dilakukan..

“Mana yang terdapat positif akan di wisma karantina, yang OTG (Orang Tanpa Gejala-red) juga tapi di tempat terpisah, sehingga ke depan kita lebih cepat tau dimana tempat lokasi yang terdampak. Jika ada yang positif kita akan trace lokasinya, desanya, mana RT-nya kemudian kita kembalikan desa untuk dilakukan karantina wilayah,” katanya.

Warga yang mengalami gejala Covid-19, sebutnya, akan didata oleh desa, lalu dilaporkan ke kecamatan dan kemudian langsung bawa ke BKPSDM untuk di ambil swab-nya.

“Mereka yang diambil swab-nya akan menetap di badan diklat provinsi selama tiga hari dengan kapasitas 60 kamar. Tapi nanti bisa juga di asrama haji, jadi bisa 200-an lebih, kemudian per tiga hari akan diganti,” pungkasnya.(nov)

JustForex

Related posts