Babel Jadi Nominator Pilar Sosial Teladan Nasional

  • Whatsapp
Bupati Belitung Timur foto bersama Tim Penilai dari pusat, saat melakukan kunjungan lapangan ke Karang Taruna Gemilang Belitung Timur.(foto: istimewa).

Tim Penilai ke Karang Taruna Gemilang

BELITUNG TIMUR – Lagi, nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bertengger di level nasional. Bersama 14 provinsi lainnya, Babel menjadi nominator Seleksi Pilar Pilar Sosial Tingkat Nasional yang dilaksanakan Kementerian Sosial RI. Babel lolos ke posisi 15 besar setelah menyisihkan 19 peserta lainnya dari 34 provinsi.

Tiga pilar sosial Babel tersebut adalah Karang Taruna Gemilang Desa Lalang Belitung Timur, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tamansari Kota Pangkalpinang, serta Lembaga Kesejahteraan Sosial Arraisya Alhams Kabupaten Bangka Tengah

“Tim penilai dari pusat, Jum’at (20/09/2019), sudah melakukan kunjungan lapangan ke Karang Taruna Gemilang Belitung Timur. Tim ini sebagian besar dari unsur PNKT (Pengurus Nasional Karang Taruna-red),” ungkap Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Dinas Sosial Provinsi Babel, Doddy Dirnadi, Sabtu pagi (21/9/2019) 2019.

Menurut Doddy, kedatangan tim penilai disambut Bupati Beltim Yuslih Ihza dan unsur Forkopimda serta pengurus karang taruna setempat, di Pantai Nyiur Melambai. Kawasan ini merupakan obyek pengelolaan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) sekaligus lokasi Sekretariat Karang Taruna Gemilang.

Dalam kesempatan itu, tutur Doddy, Bupati Yuslih Ihza mengapresiasi kunjungan lapangan tim penilai. Yuslih berharap dari hasil kunjungan tersebut dapat menempatkan Karang Taruna Desa Lalang sebagai pilar sosial teladan tingkat nasional.

“Bupati juga menyatakan bahwa Pemkab Beltim mendukung penuh kegiatan masyarakat dalam membantu pemerintah menangani masalah kesejahteraan sosial,” jelas Doddy.

Ia menambahkan, selain kunjungan lapangan ke karang taruna, tim penilai dari berbagai unsur bentukan Kementerian Sosial juga akan mengunjungi Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah.

Dari empat pilar sosial seleksi tingkat nasional yang diikuti Babel, tiga diantaranya karang taruna, TKSK dan LKS masuk 15 besar nasional, akan dikunjungi tim penilai.

Seleksi pilar pilar sosial merupakan penghargaan kepada Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam membantu pemerintah di bidang kesejahteraan sosial, dilaksanakan setiap tahun oleh kementerian sosial.

“Kami di dinas sosial berharap sinergitas pemerintah, masyarakat khususnya PSKS dan dunia usaha dalam menangani masalah kesejahteraan sosialterus berjalan baik. Karena penanganan permasalahan kesejahteraan sosial merupakan tanggungjawab kita bersama,” tegas Doddy.

Dari kunjungan lapangan tim penilai akan menghasilkan pilar pilar sosial teladan tingkat nasional, yang diumumkan dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2019, pada Desember nanti. (rell/3).

Related posts