Babel Dianugerahi Provinsi Terbaik Daerah Peduli Konsumen Tahun 2019

  • Whatsapp
Gubernur saat menerima penghargaan yang diserahkan Menteri Perdagangan RI.(foto: ist/mislam).

RAKYATPOS.COM, DEPOK – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dianugerahi sebuah penghargaan Provinsi Terbaik Daerah Peduli Konsumen Tahun 2019.

Pengargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI  Agus Suparmanto Kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Kamis (12/11/2020) dalam puncak perayaan Hari Konsumen Nasional  (Harkonas) Tahun 2020 di Transmart Cibubur, Depok, Jawa Barat.

Read More

Penghargaan Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, sudah yang ketiga kalinya diraih, yaitu di tahun 2014, 2018 dan 2019, atas capaian program pemerintah daerah terhadap hak-hak dan perlindungan konsumen terhadap produk-produk yang tidak memenuhi standar.

Selain Babel, ada lima provinsi lainnya yang mendapatkan penghargaan sama, yaitu Provinsi Aceh, Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sulawesi Tengara.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 1754 tahun 2019, dimana telah ditetapkan enam provinsi terbaik daerah peduli konsumen.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi konsumen Indonesia yang berdaya dan mencintai produk dalam negeri. Itu dilakukan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat serta penciptaan iklim usaha dan hubungan yang lebih berkeadilan antara pelaku dan konsumen, dalam mewujudkan perekonomian yang berdaya saing menuju Indonesia maju.

“Selamat dari konsumen tahun 2020, salam konsumen konsumen cerdas konsumen sehat Indonesia maju,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel Sunardi usai mendampingi Gubernur menjelaskan, penghargaan tersebut, diberikan atas prestasi Pemprov Babel dalam menjalankan program -program perlidungan konsumen  secara berkesinambungan dan berkelajutan melalui dukungan anggaran.

Selain itu,  terus dilakukanya berbagai kegiatan perlindungan konsumen sebagai upaya melindungi konsumen dari produk-produk yang tidak memenuhi standar, dan memberikan edukasi kepada konsumen agar dapat memperjuangkan hak-haknya selaku konsumen untuk menjadi konsumen cerdas.

Kemudian, kata dia, selalu aktif memberikan pembinaan kepada para pelaku usaha  seperti Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat.

Related posts