Babel Belum Punya Rumah Sakit Akreditasi A

No comment 113 views

Dinkes Target 2018, Minimal C

Mulyono

PANGKALPINANG- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Mulyono menyebutkan masih ada dua kabupaten di Babel yang rumah sakitnya belum berakreditasi C atau masih berstatus akreditasi D. Dua rumah sakit ini yaitu RSUD Belitung Timur dan RSUD Bangka Selatan.

“Ia berharap, dalam waktu dekat kedua rumah sakit ini bisa naik kelas menjadi akreditasi C, dimana saat ini juga masih dalam proses untuk peningkatan akreditasi. “Kita harapkan dalam waktu dekat rumah sakit Beltim segera naik jadi tipe C, Bangka Selatan dalam proses akreditasi,” ujar Mulyono kepada wartawan belum lama ini.

Dinkes Babel, kata Mulyono menargetkan, pada awal tahun 2018 mendatang seluruh rumah sakit di kabupaten/kota dapat menjadi rumah sakit minimal tipe C. Untuk naik tingkatan ini, katanya, banyak persyaratan yang harus dipenuhi rumah sakit, baik dari segi pelayanan, fasilitas, SDM dan lainnya.

“Untuk meningkatkan status rumah sakit itu ada aturannya, tidak hanya naik begitu saja, tapi ada persyaratan yang harus dipenuhi, ini yang terkadang masih terkendala, rumah sakit kita kesulitan memenuhi persyaratan, ” jelasnya.

Selain itu, di Babel juga menurutnya, belum memiliki rumah sakit yang berakreditasi A, rumah sakit jiwa dan rumah sakit umum provinsi sedang dalam proses menju akreditasi B. “Rumah sakit provinsi memang harus meningkatkan statusnya, semoga dalam tahun ini bisa tipe B,” imbuhnya.

Ia menambahkan, rumah sakit provinsi sudah harus menjalankan fungsinya sebagai rumah sakit rujukan dari kabupaten/kota. Oleh karena itu berbagai fasilitas dan pelayan perlu ditingkatkan. (nov/10)

No Response

Leave a reply "Babel Belum Punya Rumah Sakit Akreditasi A"