Awasi Bansos, Dinsos Kota Gandeng Kepolisian

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Pangkalpinang menggandeng Polres Pangkalpinang dalam rangka pendampingan dan pengawasan dana Bantuan Sosial (Bansos) agar tetap sasaran ke penerima manfaat.

Waka Polres Pangkalpinang Kompol Nur Samsi mengatakan, dalam pengawasan bansos pihaknya akan mengerahkan anggota Bhabinkamtibmas di setiap kelurahan untuk melakukan pendampingan atau pengawasan.

“Bentuknya bisa berupa membantu validasi data penerima bantuan sosial, mempercepat pendataan serta fungsi lainnya,” jelas Samsi usai rapat koordinasi dengan Dinsos P3A Pangkalpinang di ruang Antor Sudjarwo Mapolres Pangkalpinang, Senin (11/2/2019).

Rapat koordinasi tersebut digelar, dalam rangka menindak lanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Sosial dan Polri terkait pendampingan, pengawasan dan pengamanan penyaluran dana bantuan sosial.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam pengawasan dan pendampingan distribusi bansos, pihaknya membentuk satuan tugas. “Satgas pendataan dan sosialisasi, pengamanan distribusi, gakum dan media akan mengawal proses dana bantuan sosial berupa penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) agar tepat sasaran,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinsos dan P3A Kota Pangkalpinang, Fitriansyah menyambut baik kerja sama dalam pengawasan dana bansos tersebut. Menurutnya, selama ini, pengawasan untuk BPNT dilaksanakan oleh Tim Koordinasi Bansos Pangan mulai dari tingkat kota, sedangkan program PKH dilaksanakan oleh pendamping PKH.

“Dengan hadirnya satgas bansos dari unsur kepolisian ini dapat bersama-sama Tim Koordinasi Bansos Pangan dan PKH mengawal program ini agar tepat sasaran, waktu dan tepat administrasi. Kita sudah sepakati bersama ada beberapa yang perlu dikawal dalam penyaluran bansos terutama terkait daftar penerima manfaat jumlah dan jenis bansos,” katanya.(das/10)

Related posts