Awas! Jangan Main Ponsel di Jalan

  • Whatsapp

Jadi Sasaran Operasi Patuh

SUNGAILIAT – Sat Lantas Polres Bangka bersiap menggelar Operasi Patuh Menumbing 2017 yang bakal dilaksanakan serentak di jajaran Polri seluruh Indonesia. Operasi Patuh Menumbing sebagai tindak lanjut operasi simpatik ini akan melakukan penindakan bagi para pelanggar lalu lintas yang nantinya terjaring.

Muat Lebih

Kasat Lantas Polres Bangka, AKP Dewi Rahmailis Munir, seizin Kapolres Bangka, AKBP Johannes Bangun mengutarakan Operasi Patuh Menumbing akan berlangsung selama 14 hari, mulai 9-22 Mei 2017. Operasi Patuh sebagai peningkatan dari Operasi Simpatik dengan lebih mengedepankan penegakan hukum.

“Operasi simpatik kita melakukan tindakan preemtif, operasi patuh ini kita lakukan penegakan hukum. Jadi kita melaksanakan penilangan kepada para pelanggar,” kata Dewi kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/5/2017).

Untuk tahun ini sasaran khususnya ada tujuh, yaitu pengendara tidak memakai helm, mengendarai sambil menggunakan handphone, melawan arus, menerobos lampu merah. Lalu untuk mobil angkutan melebihi muatan, pengemudi mengemudikan kendaraan dalam keadaan mengantuk dan mabuk.

Walau tidak ada target dalam operasi patuh, namun Sat Lantas, kata dia, harus meningkatkan kinerja dalam operasi ini guna menimalisir angka kecelakaan. Selain itu, operasi patuh bertujuan untuk menimalisir kemacetan, walau di Kabupaten Bangka sangat minim dalam hal kemacetan.

Sasaran operasi Patuh juga ditujukan ke intern Polri dengan didahului gelar pasukan di Mapolda Babel, video conference dengan Kakorlantas Polri dan Dirlantas Polda Babel serta kasat lantas se-Polda Babel. Selanjutnya kegiatan pertama adalah penindakan terhadap anggota Polri.

Dalam kegiatan ini, Sat Lantas Polres Bangka menyiapkan 15 personil didukung satuan Bag Ops, Sabhara, Intel dan Provost. Lalu, puncak Operasi Patuh adalah tahun keselamatan berlalu lintas yang akan dilaksanakan pada akhir kegiatan Operasi Patuh. “Yakni tanggal 21 Mei dilaksanakan kampanye keselamatan lalu lintas untuk kemanusian dalam rangka menekan laka lantas tadi,” tandasnya. (2nd/10)

Pos terkait