Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Asyraf Paparkan Peran Perpustakaan Era New Normal di SMAN 1 Puding Besar

RAKYATPOS.COM, PUDING BESAR – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asyraf Suryadin memaparkan Peran Perpustakaan di Era New Normal kepada belasan Pengelola Perpustakan Desa (Perpusdes), Perpustakaan Sekolah SLTP dan SLTA se Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka.

Paparan itu, disampaikan Asyraf dalam Talkshow Peran Perpustakaan di Era Masa Pandemi yang diselenggarakan Perpustakaan Pahlawan 4 SMAN 1 Puding Besar, Rabu (16/12/2020).

Dihadapan para Pengelola Perpusdes, Sekolah, Pengelola Perpustakaan Pahlawan 4 dan Kepala Sekolah SMAN 1 Puding Besar, Asyraf menjelaskan, New Norma adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi. Covid-19.

Perpustakaan itu sendiri, merupakan tempat umum yang harus mempersiapkan diri menghadapi kenormalan baru, melakukan inovasi dan kreasi, sehingga tetap bisa melayani kebutuhan informasi penggunanya.

Selanjutnya, melakukan usaha promosi untuk meningkatkan keterpakaian sumber daya yang dimiliki baik secara daring maupun akses secara fisik, dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Didalam UU No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, dijelaskan Asyraf, Perpustakaan memliki peran  dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional menuju masyarakat unggul, cerdas, kritis, inovatif berbasis pada penguatan mentalitas budaya melalui terwujudnya masyarakat yang terinformasi dan berbudaya baca.

Di Era New Normal, menurut Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin, Perpustakaan melalui Pustakawan harus membuat aturan baru untuk pemustaka (pengunjung) dalam perpustakaan. Konsep layanan dan kegiatan perpustakaan harus mengutamakan faktor kesehatan dan keamanan bersama, yaitu pemustaka dan pustakawan.

“Layanan yang baik bagi pemustaka dilakukan dengan menyesuaikan protokol kesehatan. Contohnya, pengunjung yang datang ke perpustakaan wajib mengenakan masker, wajib mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, menjaga jarak dengan pengunjung sekitar minimal 1-2 meter, pengunjung di cek suhu tubuh, dan petugas mengambilkan koleksi yang ada di rak buku perpustakaan,” ungkap Asyraf.

Selain itu, diungkapkan pula, pelaksanaan aktivitas perpustakaan di Era New Normal memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,  seperti e-Pusda, lomba-lomba perpustakaan secara virtual.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Puding Besar, Ali Akbar mengaucapkan terima kasih kepada Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin yang telah berbagi ilmu terkait perpustakaan di Era New Normal.

Kata Ali Akbar, sehari sebelumnya, Perpustakaan Pahlawan 4 SMAN 1 Puding Besar telah menghadirkan pengelola perpustakaan SD dan TK yang ada di Puding Besar.

“Kami berharap, kegiatan kali ini, bisa menjadi pemantik minat baca bagi masyarakat yang ada Kecamatan Puding Besar,” kata Ali.

Diakhir paparannya, Asyraf memberikan sejumlah buku hasil karya pribadinya kepada Pengelola Perpusdes, Sekolah SMP, SLTA se Kecamatan Puding, Pengelola Perpustakaan Pahlawan 4 dan Kepala SMAN 1 Puding Besar.(rel/ahmad).

 

Diatas Footer
Light Dark