Astaga, Remaja 15 Tahun Dipekerjakan di Lokalisasi Keposang

  • Whatsapp
Sur (41) yang terlibat kasus perdagangan manusia saat diamankan di Mapolres Basel, Selasa (12/11/2019). (foto: Dedy Irawan)

TOBOALI– Satuan Reskrim Polres Bangka Selatan (Basel) mengamankan Sur (41) warga Palembang yang tinggal di Dusun Tambang 9, Desa Gadung, Kecamatan Toboali. Dia ditangkap polisi pada Selasa (5/11/2019) lantaran mengajak Mp (15) anak di bawah umur untuk bekerja di sebuah lokalisasi Jalan Lingkup Desa Keposang, Toboali.

Kabag Ops Polres Basel, Kompol Rusnoto seizin Kapolres AKBP S Ferdinand Suwarji membenarkan penangkapan tersebut. Dia mengungkapkan, Mp dibawa Sur ke Bangka Selatan, pada Minggu (27/10/2019).

Awalnya, dari keterangan saksi, Mr (19) yang mengetahui Mp dibawa ke Bangka langsung melaporkan ke keluarganya. Mendapat informasi tersebut, keluarga korban berupaya mencari keberadaan MP di Pulau Bangka.

Setelah mengetahui keberadaan korban di Bangka Selatan, akhirnya MR dan keluarga berangkat ke Bangka untuk membawa kembali Mp pada Senin (4/11/2019).

“Tiba di Bangka Selatan, keluarga korban langsung melapor ke Polres Basel. Hingga keesokan harinya, Tim Satreskrim bersama keluarga korban langsung mendatangi lokalisasi di Keposang untuk menjemput korban,”kata Rusnoto kepada wartawan, Selasa (12/11/2019).

Setelah korban berhasil dijemput, anggota Satreskrim Polres Basel, lanjut dia, langsung bergerak dan mengamankan Sur yang membawa Mp untuk bekerja di lokalisasi tersebut.

“Pada Selasa lalu, keluarga korban telah melaporkan tindak pidana eksploitasi anak di bawah umur dan tindak pidana perdagangan orang. Pelaku Sur telah diamankan di Mapolres Basel guna proses lebih lanjut. Untuk korban MP telah berhasil dijemput Satreskrim bersama keluarganya,” jelas Rusnoto.

Selain mengamankan pelaku, lanjut dia, polisi juga berhasil mengamankan dua buku catatan penjualan bir serta catatan upah pekerja.

“Pelaku dijerat pidana eksploitasi anak di bawah umur dan perdagangan orang Undang-Undang Nomor 21 tahun 2007,” tandas Rusnoto. (raw)

Related posts