ASN Dilarang Foto Bersama Calon Kepala Daerah

BKPP Bangka Lakukan Monitoring

Surtam

SUNGAILIAT – Memasuki tahun politik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengeluarkan kebijakan soal larangan aparatur sipil negara ( ASN) berfoto bersama calon kepala daerah dan mengunggahnya ke media sosial.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bangka Surtam mengatakan, Menpan memberikan pernyataan larangan memberikan dukungan kepada calon kepala daerah sesuai PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai.

Dia membeberkan, pada pasal 4 ayat (15) dengan tegas menyebutkan ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, dengan cara: a. terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah; b. menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye.

Selanjutnya, c. membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye; dan/atau d. mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

“Ketentuan ini sangat jelas, karenanya tidak dibenarkan ASN terlibat dalam kampanye. Untuk upload foto di medsos merupakan pengembangan dari Kemenpan. Bahwa ketika kita berfoto dengan pasangan calon dan posting, dianggap kita sudah memberikan dukungan,” ujar Surtam.

Menurut dia, ASN boleh memilih salah satu paslon tapi tidak mendukung secara terbuka. Kalau sudah berfoto dianggap sudah berkampanye. Sementara untuk sanksinya, dikemukakan mantan sekwan ini, mulai dari sanksi sedang hingga berat dan BKPP akan melakukan monitor.

Apabila ada ASN yang berfoto kemudian ada di medsos karena di upload oleh orang lain maka BKPP akan mempelajari dan melihat kasusnya terlebih dulu. “Makanya akan dilihat kasusnya seperti apa. Kalau sengaja seolah-olah memberikan dukungan atau menguntungkan salah satu calon atau merugikan calon lain itu tidak boleh,” pungkasnya.(snt/10)

No Response

Leave a reply "ASN Dilarang Foto Bersama Calon Kepala Daerah"