Arti Kebersihan Bagi Sekolah dan Lingkungan

  • Whatsapp
Oleh: Amirudin, S.Pd
Guru Mata Pelajaran IPA SMPN 4 Kelapa, Bangka Barat

Sekolah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peserta didik. Sekolah merupakan bagian dari lingkungan yang dirasakan menjadi pengalaman dimasa belajar bagi setiap peserta didik. Sebuah lingkungan yang bersih akan terekam di memori peserta didik selama mereka di sekolah, bahkan sampai tamat dari sekolah tersebut. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan sekolah dalam hal ini SMPN 4 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat untuk menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Selain dengan menjalankan tata tertib sekolah yang sudah ada, sekolah juga mengupayakan lingkungan sekolah menjadi tempat yang membuat peserta didik betah berada di sekolah, yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Hal ini sesuai dengan  motto SMPN 4 Kelapa, yaitu “BERSEMI” Bersih, Sehat, Menyenangkan dan Inovatif. Ini seirama dengan program Pemerintah  melalui instansi kesehatan di desa dan pemerintah desa menjalankan program  PHBS, yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Sebuah lingkungan sekolah yang bersih tentu menjadi impian bagi setiap warga sekolah dan peserta didik di sekolah dimana pun berada. Lingkungan sekolah yang bersih tentu saja akan memberikan manfaat yang begitu besar, seperti memberikan kesan pandangan mata menjadi sehat,  membuat pikiran menjadi tenang. Ditinjau dari dunia kesehatan, lingkungan yang bersih tentu  menjadi prioritas utama dalam menjaga kesehatan lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah serta kesehatan tubuh bagi setiap warga masyarakat. Hidup sehat adalah modal utama bagi pembangunan setiap warga masyarakat dan pembangunan di lingkungan sekitar. Dengan lingkungan sehat kita dapat berimajinasi dengan baik dalam rangka membuat perencanaan-perencanaan yang akan kita lakukan ke depan. Begitu juga dalam proses pembelajaran peserta didik di SMPN 4 Kelapa. Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat akan memberikan rasa nyaman selama kita berada di tempat tersebut. Secara estetika lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat pandangan kita menjadi sejuk dan nyaman. Anjuran agama juga sebagai motivasi bagi perserta didik dalam membiasakan hidup di lingkungan yang bersih dan sehat, yang mana disebutkan dalam sebuah hadis bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Read More

Dalam upaya menjaga kebersihan di SMPN 4 Kelapa dan lingkungannya, ada beberapa upaya yang dilakukan, seperti membuat program   piket kelas khusus untuk kebersihan di area kelas masing- masing, yang dilaksanakan oleh siswa kelas masing-masing yang di awasi oleh guru piket. Program piket umum siswa yang dilakukan dengan cara siswa membersihkan lingkungan dalam sekolah dan di seputar sekolah belakang samping dan depan sekolah, disini siswa masing- masing membawa sebuah karung plastik kecil yang sudah disiapkan, mereka berjalan mengambil sampah- sampah baik plastik bekas makanan dan minuman,  kaleng atau cup minuman, daun  dan daun ataupun ranting pohon yang kering.  Mereka bergerak menuju area yang di bagi  oleh guru pembimbing 7K, mereka memasukkan semua sampah yang mereka dapatkan ke dalam karung yang mereka bawa, kemuadian membawanya ke tempat pembuangan sampah sekolah yang letaknya di bagian belakang sekolah. Setelah mereka membuang sampah tersebut dari karung, mereka diminta untuk cuci tangan pada kran-kran air yang ada di depan kelas, lalu mereka mnegabsen pada buku absen piket umum yang sudah disiapkan sebagai bukti mereka sudah melakukan piket umum  diketahui oleh pembimbing 7K yang dilakukan secara bergilir setiap kelas dan tiap hari.

Selain manfaat kebiasaan hidup bersih dan sehat, sekolah ini juga selalu memberikan pemahaman kepada setiap peserta didik tentang dampak buruk jika lingkungan di sekitar kita kotor. Pastinya kesan pertama yang di tangkap oleh mata tempat tersebut jorok yang membuat kita tidak betah berlama-lama. Selain itu sebuah lingkungan yang kotor tentu akan menjadi sarang atau tempat berkembang biak yang nyaman bagi beberapa jenis hewan ataupun serangga, yang akan membawa virus  penyakit seperti nyamuk, kecoak, tikus dan sejenisnya. Untuk  jenis sampah anorganik plastik, kaleng dan sejenisnya juga akan sulit terurai, sehingga akan merusak ekosistem dan kesuburan tanah tanah.

Selanjutnya, yang tak kalah penting lagi  pada saat musim hujan seperti sekarang, sampah yang berserakan di mana-mana dan terus menumpuk akan berakibat pada penyumbatan selokan, sehingga jika lama kelamaan hal ini terus berlanjut akan dapat menjadi pemicu peristiwa banjir di lingkungan tersebut. Oleh karena hal-hal tersebut di ataslah SMPN 4 Kelapa menganggap sangat penting tentang arti kebersihan bagi sekolah dan lingkungan di sekitar sekolah. Yang lebih penting lagi bagi SMPN 4 semoga kebiasaan-kebiasaan hidup bersih dan sehat ini, tidak hanya peserta didik lakukan berdasarkan piket atau  jadwal yang sudah menjadi program sekolah saja, melainkan menjadi sebuah karakter kebiasaan bagi peserta didik setelah mereka memperoleh ijazah dari sekolah.Aamiin.(***).

Related posts