Apel Siaga, Ratusan Pengawas Siap Awasi Pemilu

  • Whatsapp


PANGKALPINANG -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang menggelar Apel Siaga dalam rangka kesiapan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, di halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Minggu (14/4/2019).

Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala mengatakan para peserta yang ikut apel siaga ini adalah para pengawas TPS dan relawan partisipasif se-Kota Pangkalpinang.

“Pengawas TPS se-Kota Pangkalpinang, sesuai dengan jumlah TPS 531, jumlah relawan kami juga berjumlah 531,” kata Ida kepada wartawan, usai apel siaga.

Relawan partisipasif ini dijelaskan dia, akan membantu untuk melakukan pengawasan partisipasi di wilayah Pangkalpinang.

“Sehingga nanti, mereka bisa memberikan informasi-informasi awal terhadap dugaan atau potensi-potensi pelanggaran,” terangnya.

Kemudian, lanjut Ida, pastinya jajaran Panwaslu kecamatan dan kelurahan juga ikut dilibatkan.

“Panwaslu kecamatan itu mungkin berjumlah sekitar tujuh puluhan, dan Panwaslu Kelurahan kami, itu berjumlah 42 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengatakan Bawaslu beserta jajarannya pada Pemilu Serentak 2019 ini mengemban tugas yang lebih berat dari Pilkada tahun lalu.

“Kalau Pilkada tahun kemarin tidak seperti ini, jadi tiga hari kedepan kerja para Bawaslu ini agak berat karena serentak, kemungkinan kerjanya sampai pagi,” kata Molen dalam sambutannya.

Molen menambahkan, dalam mengemban tugas yang berat tersebut, para petugas Bawaslu harus menjaga kondisi kesehatan agar tetap prima.

“Jadi perlu fisik yang kuat, penuh niat yang tulus, perlu pemikiran yang positif, optimis untuk masa depan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Molen, tugas dan amanah yang diemban oleh Bawaslu beserta jajarannya pada Pemilu Serentak ini, hendaknya dilakukan dengan penuh keikhlasan.

“Kalau ini bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin yang baik untuk kita semua, menjadi ladang amal bapak ibu semua,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap, pesta demokrasi yang akan berlangsung tiga hari lagi ini hendaknya dihadapi dengan sukacita.

“Presiden itu sudah ada, yang jadi anggota dewan itu sudah ada, semua itu Allah sudah kasih dengan kita, jadi lalui ini dengan suka cita, jadi ladang amal untuk, jangan jadikan ini mudharat untuk kita semua,” harapnya (ron/10)

Related posts