APD Covid-19 Kurang, Tim Medis RSUD Basel Buat Alat Pelindung Sendiri

  • Whatsapp

APD Visor terpaksa dibuat sendiri oleh Tim Medis RSUD sambil menunggu pengadaan APD tambahan. (ist)

Read More

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Tim Medis RSUD Basel terpaksa membuat alat pelindung diri (APD) sendiri lantaran jumlah APD saat ini belum cukup sambil menunggu pengadaan APD. Alat Pelindung Diri yang mereka buat adalah Visor atau alat pelindung wajah.

Plt Direktur RSUD Basel, dr Agus Pranawa mengatakan tim medis di RSUD Basel menggunakan pelindung wajah yang terbuat dari bahan plastik transparan  untuk menutup wajah mereka agar terhindar paparan virus Covid-19 melalui percikan air liur. Plastik berbahan mika tersebut memang banyak ditemukan di toko alat tulis kantor (ATK).

“APD visor ini kita buat sendiri dari plastik mika sebagai solusi awal untuk  mencegah paparan Covid-19 melalui air liur kepada petugas medis di RSUD Basel, ” ujarnya Jumat (3/4/2020).

APD buatan ini telah dipakai sebagai pelindung wajah sejak lima hari yang lalu. Hal itu mereka lakukan sebagai langkah cepat RSUD Basel sebelum tiba APD. Pihaknya sendiri telah melakukan pengadaan sebanyak kurang lebih 1.500 APD.

“Pengadaan sudah kita lakukan kurang lebih 1.500 APD sudah satu set dan untuk estimasi satu bulan, tapi belum datang. Jadi untuk sementara waktu kita pakai APD visor buatan sendiri dulu,” kata dr Agus.

Lanjutnya, APD bantuan dari Provinsi Basel sudah masuk sebanyak 25 set APD, serta ada dari Dinas Kesehatan sebanyak 75 set APD. “Ada 35 set APD pesanan kita telah datang Rabu kemarin, namun jumlah APD yang ada masih kurang untuk para tenaga medis yang ada di RSUD Basel,” pungkas Agus. (raw)

JustForex

Related posts