APBDes Diharap Menunjang Ekonomi Kerakyatan

  • Whatsapp

KOBA – Wakil Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengharapkan dana APBDes sejumlah miliaran lebih pada tahun 2017, untuk menunjang ekonomi kerakyatan. Untuk jumlah dana sendiri yang saat ini senilai Rp1,6 miliar bakal bertambah menjadi Rp2 miliar.

Menurutnya, soal anggaran tersebut juga diatur dalam Permendes bilamana 70 persen dana APBDES dimanfaatkan sebaik mungkin untuk ekonomi kerakyatan. Sedangkan untuk pengembangan infastruktur tetap dibutuhkan, namun diutamakan perkembangan ekonomi kerakyatan.

“Para kades diharapkan lebih berkarya menggunakan dana APBDes. Jangan selalu berpacu ke pemerintah saja, apalagi penganggaran ini dirasa sudah cukup besar. Seharusnya 70 persen dana yang cair digunakan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan, seperti halnya kelompok tani bawang seperti ini,” kata Ibnu.

Dikatakannya, kedepan Bangka Tengah digencarkan sebagai wilayah sentral kultural pengembangan tanaman bawang merah di Provinsi Babel yang sudah diamanahkan penetapannya oleh pemerintah pusat.

“Beberapa titik di wilayah kita cukup sukses melakukan budidaya tanaman bawang merah melalui kelompok tani yang ada. Seperti kelompok tani Bina Harapan Desa Kulur ini baru ditanam pada kegiatan ini dimulai satu hektar, nanti akan ditambah lagi sebanyak 3 hektar lagi lahan tanam bawang merah,” ungkapnya. (ran/3).

Related posts