APBD 2020, Anggaran Pendidikan 20 Persen Lebih

  • Whatsapp

PANGKALPINANG-Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) pada tahun anggaran 2020 mendatang tetap mengalokasikan anggaran untuk pendidikan di atas 20 persen dari total APBD.

“Sesuai undang-undang, 20 persen APBD itu memang diperuntukkan bagi pendidikan, setiap tahun APBD kita untuk dinas pendidikan selalu di atas 20 persen,”ujar Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah usai penyampaian Raperda APBD 2020, Senin (9/9/2019)

Meskipun akan dianggarkan 20 persen dan biasanya lebih, namun untuk lebih rinciannya, kata dia, masih akan dibahas oleh DPRD Babel setelah Raperda disampaikan oleh pihak eksekutif.

“Pasti ada kenaikan, jumlahnya belum tahu berapa, nanti kita tunggu setelah rapat di komisi-komisi (DPRD-red),”terangnya.

Selain anggaran pendidikan yang naik, tambah Fatah, anggaran untuk kesehatan pun demikian, dimana sesuai aturan undang-undang adalah sebesar 10 persen.

Dalam penyampaian RAPBD tahun 2020 ini, Pemprov Babel lanjut dia menargetkan pendapatan sebesar Rp2,3 triliun lebih.

Dia membeberkan selain target pendapatan, belanja daerah dianggarkan sebesar Rp2,5 triliun lebih, terdiri dari belanja langsung Rp1,2 triliun lebih dan belanja tidak langsung mencapai Rp1,3 triliun lebih.

“Sementara pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp 230 miliar lebih. Anggaran ini digunakan untuk mendanai urusan pemerintah konkuren (pembagian urusan pemerintahan antara pusat dan daerah sebagai dasar otonomi daerah-red) yang menjadi kewenangan daerah dan pelaksanaan tugas organisasi,” katanya.

Belanja daerah, dia menambahkan, diprioritaskan untuk mendanai urusan pemerintah wajib terkait pelayanan dasar melalui ketetapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan urusan pemerintahan pilihan.

“Belanja daerah juga harus mendukung tercapainya lima prioritas pembangunan nasional sesuai potensi dan kondisi masing-masing daerah,” sebut Fatah.(nov/10)

Related posts