Antisipasi Corona, Kunjungan ke Lapas Sungailiat Diperketat

  • Whatsapp
Pengunjung antre untuk mengunjungi warga binaan di Lapas Klas IIB Sungailiat, Rabu (18/3/2020). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sungailiat memperketat pemeriksaan terhadap seluruh pengunjung sebagai tindakan pencegahan virus corona atau covid-19 di kawasan lapas.

Kepala Lapas Sungailiat, Akhyar yang diwakili Kasi Pembinaan, Al Ihsan mengatakan pihaknya selalu menganjurkan seluruh pengunjung untuk melakukan cuci tangan terlebih dulu sebelum masuk ke dalam lapas.

Read More

“Setiap pengunjung harus cuci tangan dulu sebelum masuk, setelah berkunjung juga cuci tangan lagi. Kita sudah siapkan wastafel didalam dan diluar juga,” ungkap Al Ihsan, Rabu (18/3/2020).

Selain itu, menurut dia, petugas pemeriksaan juga dilengkapi dengan sarung tangan agar lebih aman saat melakukan tugasnya yang selalu melakukan kontak dengan pengunjung.

“Petugas pemeriksaan kita juga dilengkapi sarung tangan karet agar tidak kontak langsung dan mengantisipasi tertularnya virus corona ini. Kita sudah mensosialisasikan terkait virus ini kepada seluruh warga binaan kita,” terang Ihsan.

Pihak lapas, dia menambahkan, juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap pegawai setiap pagi yang dilakukan oleh petugas medis.

“Kita ada alat pendeteksi suhu tubuh jadi setiap pagi diperiksa untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini. Ini rutin kita lakukan sejak beberapa hari kebelakang,” tambahnya.

Sementara itu, petugas medis lapas, Budi juga mengatakan pihaknya rutin melakukan kontrol ke setiap blok yang ada untuk melihat kondisi warga binaan.

“Jika memang gejala, maka langsung kita cek suhu tubuhnya, jika memang panas maka langsung kita rujuk. Sejauh ini belum ada tanda dan gejala warga binaan kita yang terindikasi,” terangnya.

Pihaknya juga meminta seluruh warga binaan di Lapas Sungailiat untuk menjaga kebersihan dan selalu menjemur baju minimal dua jam di bawah sinar matahari.

“Setiap kali menerima kunjungan, kita minta warga binaan ini langsung ganti baju dan jemur baju yang dipakai sebelumnya, bila perlu langsung cuci,” tambah Budi. (mla/10)

Related posts