Antik Menumbing, Sikat 8 Tersangka

  • Whatsapp
Kapolres Bateng bersama Kabag Ops dan Kasat Res Narkoba memperlihatkan sabu-sabu seberat 21 gram dengan tersangka Rya Mawardi, oknum PNS Sat Pol Bangka dalam konferensi pers Operasi Antik Menumbing 2019, kemarin. (Foto: M. Tamimi)

Pelaku Pariwisata Juga Diciduk

Giat Operasi Antik Membing yang digelar dari tanggal 28 Februari hingga 11 Maret 2019 oleh Polres Bangka Tengah dan Polres Belitung berhasil meringkus delapan orang tersangka penayalahgunaan narkoba. Kedua polres itu masing-masing membekuk empat pelaku
yang diduga terlibat dalam jaringan narkoba jenis sabu-sabu.
Kapolres Bangka Tengah, AKBP Edison Ludy Bard Sitanggang kepada wartawan, Selasa (12/04/2019) mengatakan, dari empat tersangka hasil tangkapan pihaknya berhasil diamankan tiga tersangka yang merupakan target operasi.
“Dalam Operasi Antik Menumbing ini, Sat Narkoba Polres Bangka Tengah berhasil mengamankan empat warga yang terlibat penyalahgunaan narkoba diantaranya Ipan warga Desa Perlang, Ria Nawardi warga Desa Trubus, Samson warga Munggu dan Lamsada warga Koba,” katanya.
“Tiga tersangka ini memang sudah menjadi target operasi kami, sementara satu pelaku merupakan non target,” imbuh kapolres.
Diterangkannya, dari tangan empat tersangka turut diamankan sejumlah barang bukti sebanyak 22 gram narkoba jenis sabu, dua unit kendaraan roda dua, satu unit kendaraan roda empat, enam unit telepon genggam dan uang senilai Rp970.000.
“Empat tersangka melanggar Undang-undang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal lima tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara,” ujarnya seraya menambahkan barang bukti yang turut berhasil diamankan ini rata-rata akan diedarkan di Kecamatan Lubuk Besar.
Keempat tersangka itu selain pengedar narkoba juga adalah pemakai. Bahkan salah satunya berstatus sebagai kurir narkoba antar kabupaten dan berprofesi sebagai abdi negara yakni anggota Sat Pol PP Kabupaten Bangka.
“Saya mengimbau kepada masyarakat jauhi dan stop narkoba, terutama kepada generasi muda yang dikenal dengan generasi milenial dan mari kita perangi narkoba,” ajak kapolres.

Pelaku Wisata Diciduk

Untuk di Polres Belitung, jajaran Sat Res Narkoba mengamankan sebanyak empat orang yang diduga penyalaguna narkoba saat Operasi Anti Narkoba (Antik) Menumbing 2019, Jumat (01/03/19) hingga Senin (11/03/19) malam.
Namun, polisi masih belum merilis nama-nama pelaku yang tertangkap pada saat operasi tertutup ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Rakyat Pos, dari empat orang itu salah satu diantaranya adalah oknum pelaku pariwisata.
Kasat Narkoba Polres Belitung Iptu Naek Hutahayan membenarkan adanya kabar tersebut. Mereka diamankan pada saat operasi Antik. Namun, pihaknya masih enggan membeberkan identitas lantaran alas an masih dalam pengembangan.
“Operasi memang sudah selesai. Namun, kami masih melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan tersangka lain. Sehingga alasan itu, yang membuat kami belum bisa ungkap nama-nama pelaku,” kata Hutahayan, Selasa (12/03/19).
Rencananya dalam waktu dekat jajaran Satnarkoba Polres Belitung akan menggelar konfrensi pers, hasil Operasi Antik 2019. Sementara saat ini, anggotanya masih melakukan pemberkasan.
“Dari empat orang yang sudah diamankan mereka masing-masing memiliki peran yang berbeda. Ada pemakai, pengedar dan sebagai kurir,” ujar Iptu Naek Hutahayan.
Dia menambahkan, Operasi Antik 2019 serentak dilaksanakan di Seluruh Indonesia. Termasuk di Kabupaten Belitung. Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini peredaran narkoba di Belitung dapat ditekan. (ran/dod/1)

Related posts