Antara Budaya atau Nyawa

  • Whatsapp
RODIAN AKBAR
Mahasiwa Jurusan Sosiologi FISIP UBB

Salah satu ancaman bagi kestabilan dunia saat ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus corona kini telah menyebar diberbagai belahan dunia, memasuki berbagai kawasan mulai dari Asia yang awalnya berpusat di China hingga ke benua Eropa dan Amerika.

Mengutip sumber dari Alodokter.com, virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut covid-19. Virus corona dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Read More

Virus corona menjadi ancaman bagi kestabilan dunia karena dapat mengakibatkan diberlakukannya lockdown bagi beberapa negara. Penerapan lockdown bagi beberapa negara, mampu mempengaruhi ekonomi dunia karena otomatis jalur penerbangan dan perdagangan di tutup. Jika yang menerapkan lockdown adalah negara eksportir, maka akan menjadi ancaman bagi negara yang belum mampu melakukan produksi mandiri dalam negeri, dalam artian bahwa negara importir akan sangat sulit mendapatkan akomodasi bagi kebutuhan dalam negerinya. Kondisi ini jika terus berlanjut, maka akan semakin menambah panjang daftar negara yang memberlakukan lockdown yang kemudian mengakibatkan terguncangnya sistem ekonomi dan kestabilan dunia.

Penyakit yang ditimbulkan karena virus corona pada dasarnya sama dengan penyakit-penyakit lainnya, seperti misalnya influenza. Namun, yang harus diingat adalah bahwa virus corona yang saat ini menjadi pandemi global, baru muncul ke permukaan. Munculnya virus corona ini membuat seluruh dunia menjadi kelabakan, bahkan negara adidaya seperti Amerika Serikat pun kewalahan menghadapinya. Dan bahkan, ilmu kedokteran modern membutuhkan waktu untuk menemukan solusi bagi permasalahan ini, mengingat virus corona ini baru muncul.

Virus corona yang saat ini menjadi pandemi, harus diupayakan dengan sangat serius penanganannya. Pemberantasan virus corona mestilah dilakukan dengan sungguh-sungguh karena mengingat nyawa menjadi taruhannya. Menyangkut persoalan nyawa, maka satu nyawa sangatlah berarti. Semakin tinggi angka korban, maka itu menunjukkan kekurangan dalam pemberantasan.

Berkaca pada fakta bahwa virus corona atau covid-19 membawa potensi ancaman yang sangat tinggi bagi manusia hingga kestabilan dunia, maka hal ini harus menjadi perhatian serius pada pelaksanaan acara-acara budaya yang memiliki resiko penularan covid-19.  Acara budaya yang dimaksud ialah acara yang mengharuskan pelaksanaannya dengan orang ramai atau mengumpulkan khalayak ramai dan terdapat kontak fisik saat acara itu dilaksanakan.

Related posts