Angkasa Pura II Siap Gelontorkan Rp560 Miliar

  • Whatsapp
Bupati Belitung bersama Dirut Angkasa Pura II, M. Awaluddin saat menggelar pertemuan, terkait rencana pengembangan Bandara HAS Hanandjouddin yang sudah ditetapkan menjadi Bandara Internasional.(foto: istimewa).

Pengembangan Bandara HAS Hanandjouddin
Satu Hari Serah Terima Mulai Pembangunan

Tanjungpadan – Kedatangan Dirut Angkasa Pura II, ( AP II) M. Awaluddin ke Belitung, Selasa (26/03/2019) membawa angin segar bagi Belitung. AP II menjawab teka – teki pengembangan Bandara yang sudah ditetapkan menjadi Bandara Internasional itu.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menyebut, kedatangan Dirut AP 2 untuk memantapkan kelanjutan pengembangan bandara HAS, Hanandjouddin sebagai salah satu pintu gerbang Belitung yang sudah ditetapkan menjadi bandara internasional.

Dirut Angkasa Pura II M. Awaladdin mengatakan, pihaknya sedang melakukan roadshow menjalankan instruksi Menteri Perhubungan RI.

Awaluddin memaparkan, ada 3 hal tentang rencana alih kelola Bandara HAS Hanadjouddin dari Kemenhub ke AP II. “Sedang dalam proses verifikasi dari menteri keuangan, Proses itu termasuk penghitungan besaran aset yang dimiliki dan pemanfaatan aset Bandara HAS Hanadjouddin, hingga konsep kedepan,” kata M. Awaluddin, Selasa (26/03/2019) dihadapan Bupati Belitung, Kepala Bandara dan OPD Kabupaten Belitung.

Konsep itu, lanjut Awaluddin adalah pemanfaatan aset. “Kami harus memberikan kontribusi tetap, membayar kontribusi tetap, kontribusi bagi hasil dari apa yang dikelola,” ujarnya.

Untuk pengembangan Bandara HAS Hanadjouddin, AP II siap menggelontorkan belanja modal, sebesar Rp560 Miliar. Dana itu untuk menambah aset baru, membanguan terminal baru, yang lebih modern dengan kapasitas 2 juta penumpang dalam 1 tahun. “AP II akan menyerahkannya kembali ke Pemerintah setelah masa konsesi 30 tahun berakhir,” ungkapnya.

Yang Kedua, kata Awaluddin, adalah menambah rute baru, saat ini penerbangan ke Belitung dilayani dengan 7 kali penerbangan dari dan ke Jakarta dan Pangkalpinang. “Kita ingin Bandara HAS Hanajouddin Belitung tidak jauh berbeda dengan bandara Depati Amir di Pangkalpinang, kita sudah siapkan tahun ini,” tambahnya.

Ketiga, lanjut dia, meneguhkan komitmen AP II untuk membangun Belitung. “Kita berharap Pemda ikut mendorong, karena kita tidak bisa sendiri,” kata Dirut AP II.

Penambahan rute baru, masih kata dia, akan mendukung pengembangan pariwisata dan mendukung pemda menjual branding baru Belitung yang tahun ini, akan ada beberapa kegiatan internasioinal di Belitung.

Pada Juni mendatang, sambung dia, akan ada turnamen golf internasional, lomba kayak, triatlon. Pengembangan Bandara akan dimulai setelah serah terima selesai dilaksanakan sekitar awal Mei 2019.

Direncanakan pada 4 April 2019, sudah ada besaran aset bandara HAS Hanadjouddin. “Satu hari setelah serah terima, kita akan mulai pembangunan,” pungkas M. Awaluddin, sembari menyebut AP II akan membebaskan fee landing dan parkir bagi pesawat luar negeri. (yan/3).

Related posts