Anggota Pramuka Sumbang 15 Kantong Darah ke PMI

  • Whatsapp
Anggota Pramuka Bangka Belitung yang menjadi Peserta Perkemahan Wirakarya Daerah III Tahun 2019, di Bumi Perkemahan Depati Amir, Desa Jade Bahrain, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, saat mendonorkan darahnya melalui Petugas UDD PMI Bangka, Minggu (27/10/2019).(foto: istimewa).

dr Andri: Terima Kasih Kakwarda Pramuka

MERAWANG – Meski tak sebanyak yang ditargetkan, namun Anggota Pramuka yang menjadi Peserta Perkemahan Wirakarya Daerah III Tahun 2019, di Bumi Perkemahan Depati Amir, Desa Jade Bahrain, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, berhasil menyumbangkan 15 kantong darah kepada Petugas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka.

Darah tersebut, disumbangkan melalui Aksi Sosial Donor Darah kerja sama PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PMI Kabupaten Bangka dan Kwarda Pramuka Bangka Belitung, disela-sela pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah III Tahun 2019, di Bumi Perkemahan Jade Bahrain, yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam, Minggu (27/10/2019).

Anggota Pramuka yang juga Peserta Perkemahan Wirakarya Daerah III Tahun 2019, dan telah mendonorkan darahnya untuk di tas 20 kali, Pitra, mengaku senang bisa kembali mendonorkan darahnya melalui Aksi Sosial Donor ini.

Pitra berharap, darah yang disumbangkannya ini, bisa menolong kelangsungan hidup warga dan masyarakat yang benar-benar sedang membutuhkan.

Penodonor aktif yang masih berusia dibawah 30 tahun tersebut, mengajak rekan-rekan sebayanya, dan masyarakat Bangka Belitung pada umumnya, jangan ragu dan takut untuk mendonorkan darah melalui PMI.

Lela, Petugas UDD PMI Kabupaten Bangka menyebutkan, pihaknya dalam Aksi Sosial Donor Darah ini, sebenar membawa sebanyak 50 Kantong Darah. Namun, hingga selesai pelaksanaan Donor Darah, yang terkumpul hanya 15 kantong.

Kendati begitu Ia bersama 4 petugas UDD PMI Bangka mengaku tetap bersyukur, karena PMI dapat tambahan stock darah.

Menurut Lela, Bangka sangat kekurangan darah. Sementara permintaan darah sangat tinggi. “Masyarakat banyak yang takut untuk donor darah. Makanya sampai saat ini, di Bangka masih minim pendonor,” ucap Lela.

Sementara itu, Ketua Bidang Donor Darah PMI Bangka Belitung dr. Andri, yang turut mengawal jalannya Aksi Sosial Donor Darah di area Buper Depati Amir Jade Bahrain mengungkapkan, dalam giat donor darah, PMI tidak melihat berapa banyak yang didapatkan dalam aksi kali ini, yang terpenting masih ada keinginan dari warga, khususnya anggota Pramuka untuk donor, itu sudah sangat penting.

“Bagi pendonor aktif, mari donorkan darah secara rutin. Begitu pula bagi masyarakat Bangka Belitung yang belum pernah donor darahnya, yo…mulai sekarang periksakan darah ke UDD/UTD PMI terdekat. Kami PMI juga siap bekerja sama jika ada Kegiatan-kegiatan organisasi maupun instansi Pemerintah/Swata yang akan menggelar aksi donor darah, silakan hubungi PMI Bangka Belitung atau PMI Kabupaten/Kota, kami siap memfasilitasi,” ungkap dr Andri.

Kepada Ketua Kwarda Pramuka Bangka Belitung, Melati Erzaldi, Ketua Bidang Donor Darah PMI Bangka Belitung, dr Andri, juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan dalam kerja sama untuk melakukan aksi donor darah di dalam rangkaian Perkemahan Wirakarya Daerah III Tahun 2019.

“Terima kasih Kakwarda Bangka Belitung atas Kerja Sama Pramuka dengan PMI,” tutup dr Andri.(vip/3).

Related posts