by

Aneka Lomba Agustusan RT 008 Meriah

-Berita Kota-133 views
Anak-anak RT 008 RW 003 Kelurahan Pintu Air Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang ini, semangat mengikuti Lomba Lari Karung, yang diselenggarakan warga RT 008 Minggu (19/8/2018). Lomba ini, digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73. INSERT: Tak mau kalah dengan anak-anak, ibu-ibu warga RT 008 ini juga turut serta dalam Lomba Makan Kerupuk. (foto: ist).

Warga RT 008 Rela Urunan Dana

PANGKALPINANG – Berbagai cara dilakukan warga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) agar bisa ikut memeriahkan Peringatakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Seperti yang dilakukan warga RT 008 RW 003 Kelurahan Pintu Air Kota Pangkalpinang.

Mereka rela melakukan urunan dana ala kadarnya, sehingga dapat menyelenggarakan perlombaan. Meskipun dalam keterbatasan dana, dan hanya mampu mengumpulkan sumbangan dibawah 2 juta rupiah, namun warga RT 008 Pintu Air Atas Pangkalpinang ini, tetap semangat menyelenggarakan beraneka macam perlombaan.

Aneka lomba yang digelar baik untuk anak-anak maupun orang dewasa pada Minggu (19/8/2018) di Lapangan milik warga setempat ini, diantaranya untuk nak-anak setara SD hingga SMP ada lomba makan kerupuk, balap bawa kelereng di atas sendok, balam karung, masukkan paku ke botol dan melepas koin dari pepaya yang tergantung dengan cara di gigit.

Sedangkan orang dewasa dalam hal ini ibu-ibu, lomba yang diselenggarakan adalah lomba makan kerupuk, lomba melepaskan koin dari pepaya dengan cara di gigit, balap karung, memasukan air ke botong menggunakan gelas eks air mineral, dan sejumlah aneka lomba lainnya.

Walaupun berlangsung sangat sederhana dan dibawah terik matahari, namun lomba Agustusan RT 008 ini, meriah dan menarik perhatian warga di luar RT 008. Ini dikarenakan kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini, juga diiringi musik orgen tunggal bantuan warga RT 008.

Nelly Koordinator Lomba RT 008 RW 003 mengatakan, aneka lomba ini digelar dalam persiapan waktu yang sangat singkat, yaitu dibawah satu minggu.

“Ini kami lakukan sertelah berembug dengan sejumlah ibu-ibu di dekat rumah saya di RT 008 ini, bagaimana agar kita di RT 008 ini bisa menyelenggarakan sendiri lomba memperingati HUT RI tahun ini. Maklumlah anak-anak di RT kami inikan cukup banyak, begitu pula dengan ibu-ibunya kan kebanyakan ibu rumah tangga,” jelas Nelly kepada Rakyat Pos, disela-sela pelaksanaan lomba.

Dari persiapan yang sangat singkat itu, Ia bersama beberapa Ibu-ibu RT 008, mampu mengumpulkan sumbangan dana dari warga RT 008. “Sumbangan ini hanya kami ajukan untuk sebagian kecil warga RT 008. Alhamdulillah dana sumbangan terkumpul lebih dari 1 juta rupiah atau di bawah 2 juta rupiah. Kami juga berterima kasih, dalam kegiatan lomba ini, ada donatur baik yang menyumbangkan orgen tunggal, sehingga pelaksanaan lomba cukup menarik dan meriah. Bahkan suara orgen dapat mengundang warga sekitar RT kami untuk datang menyaksikan lomba yang kami selenggarakan,” ujarnya.

Menurutnya, ini adalah pengalaman pertama mereka menyelenggarakan sendiri Lomba Agustus-an, tanpa melibatkan Ketua RT atau Lurah setempat.

Ia berharap pada HUT Kemerdekaan RI tahun berikutnya, kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali, dan persiapan pelaksanaannya bisa lebih baik lagi.

Novi, warga RT 008 yang turut serta dalam lomba Agustus-an tersebut kepada harian ini mengaku senang adanya aneka lomba yang digelar di dekat kediamannya. “Kami senang sekali adanya lomba ini. Apalagi di sini klan banyak anak-anak, jadi tidak perlu jauh-jauh kita ikut lomba,” tuturnya.(vip/3).

 

Comment

BERITA TERBARU