Anak Balon Bupati Dilapor ke Mabes Polri

No comment 2140 views

Pengurus Gapoktan Diduga Serobot Lahan
Patok, Plang, Tanam Tumbuh Dirusak

PANGKALPINANG – Lantaran diduga melakukan penyerobotan dan pengerusakan terhadap lahan orang lain, pengurus HKM Gapoktan Batu Bedil di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, dilaporkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), Mounda Grestina Yolanda (34) ke Bareskrim Mabes Polri.
Atas dasar laporan polisi (LP) Nomor: LP/1278/XI/2017/Bareskrim tanggal 27 November 2017 itu, penyidik Bareskrim menduga para pelaku dapat dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 167 KUHP, 170 KUHP dan atau Pasal 406 KUHP.
Kini, kasus dengan terlapor Su dan kawan-kawan tersebut ditangani oleh Subdit II Harta Benda Bangunan Tanah Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Hardabangtah Ditreskrimum Polda Babel), setelah dilimpahkan Mabes Polri ke Polda Babel. Dalam penyelidikan sementara, penyidik Ditreskrimum menduga perkara ini terkait dengan sangkaan Pasal 385 KUHP dan Pasal 406 KUHP.
Penasehat Hukum (PH) pelapor, Eprina Manurung dari Kantor Law Firm Eprina, Hotbin dan Partners Jakarta Timur menuturkan, ia dan kliennya mendatangi Mapolda Babel pada Rabu (10/1/2018) untuk memenuhi panggilan pemeriksaan awal sebagai pelapor. Pemeriksaan dilakukan hingga malam hari.
“Kami hadir di Polda Babel karena adanya pemanggilan dari Ditreskrimum Nomor: B/209/XII/2017/Ditreskrimum tanggal 20 Desember 2017. Kami sebagai pelapor merasa dirugikan oleh terlapor yang telah melakukan dugaan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 406 ayat 1 dan atau Pasal 170 dan Pasal 385 KUHP,” tutur Eprina saat konferensi pers, Rabu malam.
Mounda Grestina didampingi Eprina berterimakasih kepada Kapolri, Kabareskrim, Kapolda Babel, Dirreskrimum dan para penyidik karena telah menindaklanjuti laporan itu.
“Kami selaku warga negara yang dilindungi oleh konstitusi dan sesauai dengan salah satu program Presiden dalam Nawacitanya dimana negara hadir melindungi warga negara dalam rangka penegakan hukum berterimakasih. Kami yakin dan percaya jajaran kepolisian secara profesional dan teguh menjunjung supremasi hukum,” imbuhnya.
Saat ditanya wartawan tentang laporannya itu, Mounda Grestina menceritakan awalnya lahan seluas 5 hektar di kawasan Batu Bedil dibelinya dengan harga ratusan juta dengan Surat Keterangan Tanah (SKT) tahun 1992. Tanah itu semula milik kakeknya. Lalu, belakangan ini lahan tersebut sering diganggu oleh sekolompok orang yang mengaku pengurus Gapoktan.
“Tanam tumbuh di lahan itu ditebang, mereka mengusahakan lahan itu untuk kepentingan komersil mereka. Mengadakan panggung hiburan di lahan itu tanpa izin saya. Patok-patok dan plang yang saya pasang pun sudah habis dirusak dan hilang. Luas lahannya lima hektar,” ungkapnya.
Sementara itu Kasubdit II Hardabangtah Ditreskrimum Polda Babel, AKBP Rully Tirta Lesmana mewakili Direktur Reskrimum Kombes Pol Tony Harsono saat dikonfirmasi mengatakan, kasus dugaan tindak pidana penyerobotan dan atau pengrusakan lahan di lokasi Batu Bedil, Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk ini hingga sekarang masih dalam proses penyelidikan.
“Jadi, kasus ini memang telah dilimpahkan kepada kita dan sudah diterima. Kita juga sudah membuat sprint penyelidikan,” kata Rully kepada awak media, Kamis (11/1/2018) siang.
Selain itu, lanjut Kasubdit Hardabangtah, penyidik juga telah membuat surat konfirmasi pemanggilan kepada pihak pelapor pada Desember 2017 silam.
“Beliau baru sempet datang ke sini kemarin (Rabu-red), karena dia sebagai pelapor kan harus kita periksa dulu. Cari-cari informasi dulu dalam proses lidik ini. Kita menerima laporan pertengahan Desember lalu. Selanjutnya kita melakukan proses pemeriksaan pelapor untuk mengonfimasi saksi-saksinya, cari saksi-saksi dari pihak mereka. Kita akan konfirmasi lagi atas keterangan pelapor,” tutupnya.
Didapat kabar, para pengurus Gapoktan yang dilaporkan oleh Mounda Grestina ke polisi ini salah satunya adalah anak bakal calon bupati yang sudah mendaftar ke KPU beberapa hari lalu untuk Pilkada Serentak 2018. Hingga berita ini dirampungkan tadi malam, wartawan harian ini masih berupaya melakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan terkait keterlibatannya. (bis/1)

No Response

Leave a reply "Anak Balon Bupati Dilapor ke Mabes Polri"