Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Amri Cahyadi Dorong Mahasiswa tidak Diam Terhadap Permasalahan di Babel

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT - Plt Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Amri Cahyadi memberikan motivasi kepada puluhan mahasiswa, untuk ikut membangun Provinsi Babel.

Disamping itu, Amri juga mengajak mahasiswa untuk turut berempati dengan kondisi sekitar. Hal itu, disampaika Amri dihadapan Puluhan Anggota Senat Mahasiswa Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Babel, di Ruang Pertemuan Gedung Polman Babel, Sungailiat, Bangka, Sabtu (12/12/2020).

Kegiatan yang dinamai "Training Legislatif" tersebut, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Polman Babel guna memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang peran dan fungsi Lembaga Legislatif kepada generasi muda khususnya mahasiswa Polman Babel sendiri.

Dalam kegiatan tersebut, Amri Cahyadi mendorong mahasiwa untuk aktif dan tidak tinggal diam terhadap permasalahan yang ada di Provinsi Babel.

Mahasiswa  diharapkan dapat mengawal, mengawasi dan memberikan masukan-masukan dalam bentuk penyampaian aspirasi ataupun audiensi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD Provinsi Babel.

"Pengawasan itu tidak musti harus dari DPRD kepada Pemda, tetapi seluruh masyarakat luas termasuk mahasiswa berhak untuk mengawasi kegiatan Pemerintahan Daerah (DPRD dan Gubernur). Pengawasan mahasiswa atau masyarakat bisa dalam bentuk aspirasi atau usulan yang disampaikan kepada DPRD dan Gubernur Babel," tegas Amri.

Peran mahasiswa, ditegaskan Amri, sangatlah penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah bukan sebatas menimba ilmu saja, tetapi juga harus punya empati terhadap keadaan masyarakat sekitar.

“Kita sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah harus punya sifat kearifan dan jangan mau menang sendiri. Kita sama-sama harus membenahi dan memberikan solusi,” ungkapnya.

Esensi dari DPRD itu sendiri, dijelaskan  Amri, adalah penyelenggara pemerintah daerah. Kalau bagus pemerintah daerah bagus pula DPRD-nya. Begitupun sebaliknya, DPRD harus berusaha memberikan rekomendasi yang produktif dan membangun untuk negeri ini.

Amri juga berharap mahasiswa bisa berkiprah di segala bidang, berorganisasi dan mau belajar terhadap ilmu-ilmu baru. Pada saat mengaplikasikan, saran dia, basik keilmuannya tidak mesti harus ke bidang pendidikannya. “Seperti yang sekarang saya geluti sebagai sarjana teknik tapi berkiprah di bidang politik,” Amri mencontohkan.

“Hari ini, kita jadikan momentum menjalin tali silahturahmi antara mahasiswa dengan DPRD Provinsi Babel, terlebih khusus dengan saya pribadi sebagai anggota DPRD  Babel,” tutup Amri.(rel/heppy).

Diatas Footer
Light Dark