Alhamdulillah, Tahun Ini Potong Hewan Qurban

  • Whatsapp
Panitia Masjid Al-Mustaqim menyembelih hewan kurban usai salat Idul Adha. Tahun ini, Masjid Al-Mustaqim melakukan pemotongan sebanyak 8 sapi, 11 kambing untuk didistribusikan kepada 619 kepala keluarga (KK). (foto: Nurul Kurniasih)

8 Ekor Sapi, 11 Kambing
Masjid Al-Mustaqim Distribusi 619 KK

PANGKALPINANG– Tahun kedua pelaksanaan kurban di Masjid Al-Mustaqim, panitia membagikan daging kurban untuk 619 kepala keluarga (KK) yang ada di kelurahan Gajah Mada, Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang, Minggu (11/8/2019).

Ketua Yayasan Masjid Al-Mustaqim, Warmin, yang sekaligus pembina kurban, mengatakan, tahun ini peningkatan hewan kurban cukup banyak dibandingkan tahun lalu, sehingga masyarakat yang menerima manfaat juga jauh lebih banyak.

“Alhamdulillah tahun ini kita melakukan pemotongan hewan kurban, 8 sapi, dan kambing 11 ekor, insyaaAllah dilaksanakan sekaligus dan langsung kami bagikan setelah selesai dipotong,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat di sekitar masjid dapat terbantu dengan pembagian hewan kurban ini, dan menambah berkah bagi masyarakat yang ikut berkurban, baik melalui sistem arisan, maupun sumbangan dari luar wilayah masjid.

Disinggung dengan pengurangan penggunaan plastik, ia menegaskan sudah mendapatkan arahan dan pelatihan dari dinas terkait di kota Pangkalpinang, bahwa memang panitia kurban diimbau untuk tidak menggunakan kantong plastik berwarna hitam dan bening.

“Kami sudah diinformasikan dan sudah mengikuti pelatihan beberapa waktu lalu, dan walaupun masih menggunakan kantong plastik, tetapi kami gunakan plastik berwarna merah,” ujarnya.

Sedangkan untuk penggunaan wadah lain yang lebih alami, seperti daun pisang atau daun kelapa, menurutnya belum dilakukan karena keterbatasan daun maupun waktu. “Untuk daun pisang dan daun kelapa mungkin belum bisa, daunnya juga terbatas,” ulasnya.

Ketua panitia,Fajri Amrullah menambahkan, untuk pemotongan hewan kurban ini, melibatkan 50 panitia dan dibantu masyarakat sekitar.

“Kami juga dibantu LPM Gajah Mada, dan masyarakat yang aktif dan secara gotong royong melakukan pemotongan hewan kurban ini,” ulasnya.

Panitia kurban ini, selain melibatkan pengurus masjid, juga merangkul remaja masjid, yang diajak berpartisipasi dan sekaligus belajar dari pada pengurus masjid untuk banyak hal.

“Alhamdulillah, remaja masjid Al-Mustaqim berperan aktif dalam berbagai kegiatan, tak hanya pelaksanaan hewan kurban ini saja tetapi kegiatan lainnya juga, kita ingin mengajak dan menggerakkan remaja untuk aktif,” pungkasnya.

Sapi Limosin Walikota

Satu ekor sapi berjenis limosin dengan berat beban kurang lebih 500 kg sudah berada ditempat penitipan hewan. Sapi yang berwarna coklat tersebut merupakan sapi kurban milik Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil.

Pemerintah Kota Pangkalpinang pada Hari Raya Idul Adha 1440 H/ 2019 M akan melaksanakan pemotongan hewan kurban yang nantinya akan dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang.

Kegiatan pemotongan hewan kurban tersebut akan dilakukan bersama sama dengan insan pers beserta Kepala OPD di lingkungan Pemkot Pangkalpinang. Dalam pemotongan hewan kurban nanti Pemkot Pangkalpinang telah menyiapkan sebanyak 4 ekor sapi yang salah satunya merupakan pribadi dari Walikota Pangkalpinang.

Begitu juga pelaksanaan pemotongan hewan kurban akan dilakukan pada pagi Senin (12/08/19) di halaman Rumah Dinas Walikota.

“Kita laksanakan kurban dengan rekan-rekan media di sini. Alhamdulillah lebaran tahun ini bisa ramah tamah dan silaturahmi dengan masyarakat. Saya mohon maaf, bukan open house sifatnya silaturahmi saja karena istri baru selesai melahirkan dan adek bayi masih di rumah sakit,” kata Walikota, Minggu (11/8/2019).

Pria yang biasa disapa Molen ini mengaku Lebaran Idul Adha kali ini dirasakan begitu lengkap. Meski tidak menjalankan salat Ied bersama istri tercinta, karena masih menjalani pemulihan usai operasi melahirkan. Namun dia merasa kebahagiaan begitu lengkap dengan kehadiran buah hati kelimanya yang baru saja lahir pada 8 Agutus kemarin.

“Qurban ini bermakna silaturahmi dan menjalani kedekatan dengan sesama. Dengan berqurban mendekatkan sesama umat muslim karena kita menyaksikan penyembelihan ini. Selain itu, lebaran juga menjadi momen silaturahmi ke rumah kerabat, sahabat maupun rekan sejawat,” ujarnya. (nov/bum/6)

Related posts