Akhirnya, Terminal Baru Bandara Soft Opening

  • Whatsapp

Pendaratan Dialihkan ke Apron Baru
Yan: Bandara Itu Ibarat Wajah Babel

PANGKALPINANG- Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya terminal baru Bandara Depati Amir dioperasionalkan, mulai hari ini, Rabu (11/1/2017). Dengan ini, pesawat sudah bisa parkir di apron terminal baru dan penumpang sudah bisa menikmati fasilitas terminal yang dibangun senilai Rp300 miliar ini.

Sekda Pemprov Babel, Yan Megawandi, menyambut baik soft opening yang akan dilaksanakan. Ia berharap dengan semakin terpenuhinya fasilitas terminal ini, pelayanan kepada masyarakat khususnya penumpang pesawat semakin baik.

“Bandara itu diibaratkan wajah Babel,dan sekaligus jendela Babel agar lebih bagus, alhamdulillah kita berharap aksesibilitas lebih bagus, di terminal baru ini lebih besar, lebih nyaman,” kata Yan, Selasa (10/1/2017).

Selain Bandara Depati Amir, Yan juga berharap hal yang sama di Bandara Hs. Hananjoeddin, yang akan menjadi pintu masuk bagi wisatawan untuk berkunjung ke Babel dan sekaligus menjadi icon serta promosi wisata.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Babel, Sarjulianto menambahkan, untuk soft opening ini hanya peralihan pemanfaatan pendaratan dan turun naik penumpang, dari sebelumnya di terminal lama dialihkan ke terminal baru.

“Angkasa Pura sudah koordinasi ke kita dan secara fisik dan non fisik mereka menyatakan siap, jadi akan tetap dilaksanakan pada 11 Januari untuk soft opening, yang rencananya dihadiri Direktur Utama Angkasa Pura II dan dari Kementerian Perhubungan,” ucapnya.

Untuk grand opening, kata Sarju, masih menunggu kesiapan dari Angkasa Pura untuk pelaksanaannya dan juga menunggu kesempatan jadwal Presiden untuk meresmikannya.

“Jelas kita berharap, dengan difungsikannya terminal baru ini, masyarakat bisa terlayani lebih bagus dan lebih aman, masalah waktu jangan delay lagi, karena sudah banyak pesawat yang sudah bisa mendarat,” harapnya.

Surati Pengguna Ruangan VVIP

Sementara itu, dengan dioperasionalkannya terminal bandara yang baru, otomatis ruangan VIP dan VVIP juga dipindahkan, mengingat belum adanya ruangan VIP yang dibangun Pemprov, maka untuk sementara tamu VIP dan VVIP dilayani dengan ruangan sementara yang sudah disiapkan oleh Angkasa Pura II.
“Kami sudah menyurati seluruh pejabat dan DPRD di Babel (provinsi dan kabupaten/kota), Forkominda, BUMN, BUMD, perbankan dan yang menggunakan fasilitas VVIP, sudah diberikan surat pemberitahuan sehubungan dengan pengoperasional terminal baru 11 Januari 2017, dimintakan kepada pengguna ruang VIP-VVIP yang tersedia bersifat sementara dan tak sebesar diterminal lama, serta ruang yang baru dalam proses pembangunan,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Babel, Cholil, kepada wartawan kemarin (10/1/2017).

Sementara untuk tamu atau pejabat pusat yang mendapatkan layanan VVIP atau instansi terkait, untuk bisa berkoordinasi dengan Kasubbag pelayanan tamu di Biro Humas.

“Diluar pejabat daerah, silahkan konfirmasi lebih dulu ke kasubbag pelayanan tamu, M. Rizal (08127396506) dan koordinator terminal baru Ari irawan (08117176822),” tutupnya. (nov/10)

Related posts