Akhirnya Erzaldi Stop Aktifitas KIP Kamila

No comment 2024 views

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dihadang wartawan usai pertemuan tertutup dengan perwakilan masyarakat dan anggota DPRD Belitung tentang KIP Kamila di Jakarta, Jumat (17/11/17). (Foto: mgt/bastiar riyanto)

Pertemuan Tertutup di RM Jakarta
Janji tak Keluarkan Lagi Izin Tambang Laut

JAKARTA – Kian memanasnya kisruh dan desakan penolakan terhadap beroperasinya Kapal Isap Produksi (KIP) KM Kamila di laut Pering Kampit Belitung Timur, memaksa Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Roesman Johan membuat keputusan pahit.
Pasalnya, Gubernur akan menghentikan sementara aktifitas penambangan KIP Kamila, sekaligus meminta pemilik kapal isap yakni PT KTU untuk membawa keluar KIP Kamila dari laut Belitung.
Pernyataan itu disampaikan langsung Erzaldi usai melakukan pertemuan tertutup dengan perwakilan masyarakat dan anggota DPRD Belitung di salah satu rumah makan di kawasan Jalan Gatot Subroto Jakarta, Jumat (17/11/17).
Pertemuan dihadiri Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie, Ketua DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata (ASPPI) Bangka Belitung Agus Pahlevi, Gapabel Jookie Vebriansyah, Intelektual Muda Belitung, Teguh Trinanda, Pemuda Muhammadiyah,Resbina dan Nelayan Belitung Timur, Sarpan.
Pertemuan yang berlangsung tertutup selama kurang lebih 1 jam ini membahas tentang masalah kapal isap, yang melakukan aktivitas di Perairan Pering, Kecamatan Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).
Dalam pertemuan ini, mereka mendesak agar Gubernur Bangka Belitung ini menghentikan dan mencabut perizinan kapal isap yang diduga sudah beropersi di lokasi itu serta tidak menerbitkan izin zonasi tambang laut di perairan laut pulau Belitung.
Setelah melakukan pertemuan tertutup, Erzaldi mengatakan dalam waktu dekat ini akan bertemu dengan pemilik perusahaan kapal isap untuk membahas masalah ini. Erzaldi akan meminta untuk berhenti sementara dari aktivitas pertambangan tersebut. Dikatakan olehnya, dari pertemuan nanti dirinya berharap pemilik kapal isap itu dapat menemukan kesepakatan.
“Kami juga akan meminta, mereka membawa kapal isap itu keluar dari laut Pulau Belitung, tapi ini kita belum tahu mereka setuju apa tidak, mudah-mudahan saja mereka setuju,” kata Erzaldi kepada Rakyat Pos.
Gub menjelaskan, dirinya sudah berkomunikasi dengan salah satu nelayan di Belitung Timur. Katanya, dengan adanya kapal isap itu, hasil tangkapan mereka semakin menurun.
Tidak hanya itu, Erzaldi juga menegaskan tidak akan memberi izin kembali adanya pertambangan laut di Belitung.
“Untuk yang sekarang, kita masih mempelajari dulu, mengenai izin itu (KIP Kamilla) yang dikeluarkan tahun 2016, untuk kedepannya, jangan ada lagi terbit amdal-amdal yang berhubungan dengan aktifitas penambangan laut,” tandas Erzaldi
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie menyambut baik rencana penarikan kapal isap tersebut dari Pulau Belitung. Katanya, mudah-mudah dari hasil pertemuan ini menghasilkan keputusan yang memuaskan. Dirinya menginginkan Belitung bebas dari pertambangan laut.
“Yang dilakukan hari ini (kemarin,red) merupakan gerakan diplomasi dan gerakan moral, kalau ini tidak dilakukan pertemuan hari ini, maka kapal isap akan terus berjalan,” katanya.
Isyak berharap dalam waktu 2×24 jam kapal isap sudah pergi dari Belitung. Ke depan, Beltiung tetap pada rencana awal yakni donasi pariwisata.
“Kita berharap KIP Kamila tidak terlihat lagi di Belitong,” ungkapnya.
Politisi Nasdem ini menambahkan, dari hasil pertemuan itu menghasilkan beberapa poin. Diantaranya menghentikan sementara operasional KIP Kamila di Perairain Kelapa Kampit Belitung Timur.
Dan gubernur tidak memperpanjang dan menerbitkan izin apapun terkait pertambangan laut. Dia juga meminta Erzaldi bersama rakyat mendorong terwujudnya laut Belitung bebas dari penetapan zonasi pertambangan.
Isyak meminta Erzaldi konsisten menjadikan Belitung dan Beltim sebagai kawasan pariwisata nasional dan pertumbuhan ekonomi kreatif. Ke depan, ia akan berjuang bersama rakyat untuk Belitung bebas dari kapal isap.
“Ini bukan akhir dari perjuangan. Perjalanan masih panjang. Kami minta doa dan dukungan dari masyarakat Belitung, agar kita berhasil mengusir KIP Kamila dari laut Belitung,” pungkasnya. (yan/6)

No Response

Leave a reply "Akhirnya Erzaldi Stop Aktifitas KIP Kamila"