AKDBB Bangka Gelar Lokakarya Pengisian SPT

  • Whatsapp
Lokakarya pengisian SPT wajib pajak badan dan pribadi di aula Akademi Komunitas Dharma Bhakti Bangka, Pemali, Sabtu (2/3/2019). (foto: Zuesty Novianty)

PEMALI -Akademi Komunitas Dharma Bhakti Bangka (AKDBB) menggelar lokakarya pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) wajib pajak badan dan wajib pajak pribadi di aula kampus AK DBB Pemali, Sabtu (2/3/2019).

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Sejahtera Bhakti Dharma Sentosa Cahyadi Tjhaij menjelaskan saat dirinya jalan ke Pangkalpinang sekarang sudah dibangun Jembatan Baturusa II. Menurutnya pembangunan jembatan tersebut dananya berasal dari pajak.

AKDBB, lanjut dia, ingin membantu masyarakat yakni perusahaan maupun perorangan untuk memudahkan dalam pengisian SPT badan usaha maupun perorangan. AKDBB juga membangun rumah konsultasi pajak untuk memudahkan perusahaan maupun masyarakat berkonsultasi berkaitan dengan pajak.

“Biaya konsultasi biaya murah sesuai misi kami di AKDBB. Niatnya pengabdian ke masyarakat. Melalui jasa konsultasi ini kita turut berpartisipasi untuk melanjutkan kuliah AKDBB,” jelas Cahyadi.

Pembangunan AKDBB ini juga berasal dari rekomendasi para pengusaha untuk mendapatkan izin dari Dikti maupun gubernur dan bupati, sehingga akhirnya diizinkan berdirinya akademi tersebut dengan jurusan akuntansi UMKM.

Direktur AKDBB Dedi Susanto mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan I untuk mengadakan lokakarya pengisian SPT tahunan wajib pajak badan dan wajib pajak pribadi. Karena sebelumnya pihaknya sudah menandatangan kerjasama MoU dengan Dirjen Pajak Jakarta Selatan.

“Jangan sampai MoU tinggal MoU tidak ada kelanjutan. Kami juga dari perguruan tinggi ikut pelatihan administrasi versi baru untuk perguruan tinggi jadi harus ada outcome dan outputnya, jadi kalau ada dari pengusaha ingin berkonsultasi untuk perpajakan kami siap bantu melalui rumah konsultasi pajak,” jelas Dedi.

Lokakarya tersebut, kata dia, sebagai kelanjutan dari kerjasama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan I. Selain itu juga AKDBB melaksanakan kegiatan ini untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi bidang pengabdian untuk masyarakat.

Dengan mengikuti lokakarya tersebut diharapkan pengusaha, masyarakat dan mahasiswa bisa mengisi SPT tahunan wajib pajak badan dan wajib pajak pribadi. Ia menginginkan lulusan AKDBB memiliki keahlian perpajakan dan akuntansi sehingga lebih cepat diserap perusahaan.

Nasumber pada lokakarya pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan wajib pajak badan dan wajib pajak pribadi dari Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan I dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangka.(2nd/10)

Related posts